Selasa, 08 Oktober 2024 20:04
Unismuh Makassar wisuda 1272
Editor : Lisa Emilda

RAKYATKU. COM, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali mengukir sejarah dengan menggelar Wisuda Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor yang berlangsung pada Selasa, 8 Oktober 2024, di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar. Sebanyak 1.272 lulusan dari berbagai jenjang pendidikan resmi diwisuda pada kesempatan tersebut.

 

Wakil Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Achmad Nurmandi, hadir menyampaikan amanah dalam wisuda tersebut. Ia menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan, dosen, serta orang tua yang turut mendukung keberhasilan anak-anak mereka.

"Selamat kepada Universitas Muhammadiyah Makassar yang hari ini mewisuda sebanyak 1.272 lulusan, termasuk sarjana, diploma, magister, dan doktor," ucap Prof Nurmandi, sapaan akrabnya.

Baca Juga : Targetkan Reputasi Internasional, Unismuh Seleksi Ketat Calon Dosen Baru

Dalam sambutannya, ia juga menekankan bahwa Muhammadiyah saat ini mengelola 164 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, dengan 15 di antaranya telah terakreditasi unggul dan 5 hingga 10 perguruan tinggi masuk dalam peringkat dunia, diakui di tingkat internasional.

 

"Saat ini, Muhammadiyah memiliki sekitar 760.000 mahasiswa, tersebar dari Aceh hingga Papua, bahkan sampai ke Malaysia," tambahnya.

Akreditasi dan Kualitas Pendidikan

Baca Juga : Tiga Tahun Jadi Penyelenggara Wirausaha Merdeka, Kemdikbudristek Apresiasi Kontribusi Unismuh Makassar Cetak Ribuan Calon Pengusaha

Prof Nurmandi menegaskan pentingnya akreditasi sebagai wujud dari pengelolaan mutu yang baik dalam pendidikan tinggi Muhammadiyah. "Akreditasi sangat penting bagi Muhammadiyah, karena ini menjadi manifestasi dari kualitas pengelolaan pendidikan tinggi," jelasnya. Ia juga mengajak orang tua untuk terus mempercayakan pendidikan putra-putri mereka kepada Universitas Muhammadiyah, tidak hanya di Makassar tetapi juga di berbagai universitas Muhammadiyah lainnya di Indonesia.

"Terima kasih kepada orang tua yang telah mempercayakan Muhammadiyah sebagai tempat pendidikan anak-anaknya. Silakan mengirim lagi putra-putrinya atau keponakannya untuk menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Makassar atau universitas Muhammadiyah lain di kota Bapak/Ibu," ujarnya.

Prof Achmad menutup sambutannya dengan pantun penuh makna:

Baca Juga : Dibuka Besok, Program Wirausaha Merdeka Unismuh Bakal Diikuti 597 Peserta dari 24 Perguruan Tinggi di Sulsel

Adik bernyanyi berirama,

Ibu memasak meminta lada,

Bertahun-tahun sungguh lama,

Baca Juga : Kukuhkan 3311 Mahasiswa Baru, Rektor Unismuh Makassar Titipkan 5 Kunci Sukses

Akhirnya hari ini diwisuda.

Tanjung Pinang Tanjung Baya,

Orang-orang memakai toga,

Baca Juga : Unismuh Sambut 3.209 Mahasiswa Baru, Rektor Tekankan Pentingnya Kemandirian

Hati senang sungguh bahagia,

Orang tua merasa bangga.

Pada wisuda kali ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menjadi fakultas dengan lulusan terbanyak, yaitu 246 wisudawan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyusul dengan 232 wisudawan, sedangkan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) meluluskan 153 mahasiswa. Fakultas Agama Islam (FAI) menyumbang 113 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) meluluskan 88 wisudawan, Fakultas Teknik (FTEK) 187 wisudawan, dan Fakultas Pertanian (Faperta) meluluskan 68 wisudawan. Sementara itu, Program Pascasarjana (PPs) meluluskan 140 wisudawan.

BERITA TERKAIT