Rabu, 18 September 2024 20:32
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM - KPU Sulsel terus melakukan upaya untuk memastikan pilkada serentak 2024 pada 27 November mendatang berjalan lancar.

 

Untuk itu KPU Sulsel menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gelombang II dan III di Same Hotel Indonesia-Bira Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari yakni Jumat, 13 September 2024 untuk Gelombang II dan Sabtu, 14 September 2024 untuk Gelombang III. Gelombang II diikuti oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretaris PPK Kabupaten Bone dan Selayar dengan total 232 Peserta.

Baca Juga : KPU Gelar Kompetisi Debat Pilkada Antar Pelajar se-Sulsel

Adapun Gelombang III diikuti oleh PPK dan Sekretaris PPK Kota Makassar, Sinjai, Bantaeng, dan Soppeng dengan total 248 peserta.

 

Kegiatan penguatan SDM Badan Adhoc ini menghadirkan narasumber Dr. Adnan Jamal yang merupakan Anggota Bawaslu Provinsi Sulsel dan Prof. Dr. H. Askari Razak, S.H., M.H yang merupakan Akademisi Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Sulsel, Marzuki Kadir, sekaligus mewakili Ketua KPU Sulsel untuk membuka kegiatan tersebut secara resmi. Hadir pula Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Litbang KPU Sulsel, Tasrif, dan Kabag, Kasubag serta staf Sekretariat KPU Sulsel.

Baca Juga : KPU Sulsel Sosialisasi PKPU No 10 Tahun 2024, Syarat Pencalonan Pilgub 7,5 Persen Suara Sah

Marzuki Kadir saat membuka kegiatan menyampaikan kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas penyelenggara badan adhoc pemilihan sebab suksesnya pilkada serentak 2024 ditentukan secara kolektif termasuk peran besar dari PPK.

“Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas penyelenggara badan adhoc,” kata Marzuki pada Rabu, 18/9/2024.

Sementara itu, Tasrif saat mengatakan, kegiatan ini sangat penting agar penyelenggara pemilihan khususnya PPK dapat memahami tugas dan kewajibannya dengan baik serta menyelenggarakan pilkada secara profesional dan berintegritas.

Baca Juga : KPU Sulsel Buka Layanan Helpdesk Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur

Sebelumnya, pelaksanaan kegiatan Penguatan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan untuk Gelombang I telah dilaksanakan KPU Sulsel pada Ahad, 8 September 2024 di Hotel Four Point, Makassar yang diikuti sebanyak 740 peserta dari seluruh PPK Kabupaten Takalar, Gowa, Jeneponto, Barru, Maros, Pangkep, Sidrap, Wajo, Bulukumba dan Pinrang.

Adapun pelaksanaan kegiatan Penguatan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan untuk Gelombang IV dan Gelombang V akan dilaksanakan pada masing-masing di Kabupaten Toraja Utara dan di Luwu Utara pada hari mendatang.