Kamis, 05 September 2024 17:13
Editor : Usman Pala

RAKYATKU.COM -- Demi menjaga pelestarian lingkungan, maka mobil listrik telah menjadi pilihan bagi masyarakat di Eropa. Bahkan sekarang ini pemerintah Indonesia memberikan subsidi untuk mereka yang ingin membeli mobil listrik. Wuling Air EV merupakan salah satu mobil listrik yang banyak dipasar Indonesia.

 

Sejak diluncurkan, Wuling Air EV langsung menarik perhatian konsumen di konsumen di Indonesia. Tampil dengan desain yang stylish, performa tangguh, dan harga bersaing menjadikan popularitas Wuling Air EV semakin dikenal pasar mobil baru, tapi juga di pasar mobil bekas.

Kelebihan dari Wuling Air EV adalah harganya yang bersaing. Harga mobil listrik Wuling Air EV bekas pada Juli 2024 bisa sangat murah karena berada di bawah Rp 200 jutaan. Namun masalahnya, apakah harga serendah itu mampu menarik pembeli?

Meski demikian, setidaknya harga Wuling Air EV yang murah menjadi sebuah keuntungan bagi kamu yang ingin membeli mobil listrik dalam kondisi bekas. Bisa dikatakan saat ini Wuling Air EV menjadi mobil listrik termurah dan terlaris di Indonesia.

 

Mobil asal pabrikan China ini menawarkan Air EV dalam 2 model, yakni model standar range dan model long range. Dari kedua tipe tersebut tentunya yang membedakan long range adalah masa pakai baterai yang lebih lama dan menempuh jarak yang lebih jauh.

Fitur dan keunggulan Wuling Air EV

Wuling Air EV sebagai mobil listrik yang banyak di Indonesia memberikan banyak fitur dan keunggulan untuk kamu yang sedang mencari kendaraan ramah lingkungan. Berikut beberapa fitur dan keuntungan dari Wuling Air EV, diantaranya adalah:

  1. Jarak tempuh

Untuk jarak tempuh maka Wuling Air EV memiliki dua tipe yaitu tipe standar rage yang mampu menjangkau jarak hingga 200 km, sedangkan tipe long range memiliki jangkauan yang lebih jauh mencapai 300 km.

  1. Desain

Untuk tampilan eksterior maka Wuling Air EV didesain dengan stylish dan modern. Sedangkan untuk bagian interiornya memiliki tampilan yang nyaman dan lega.

  1. Teknologi

Mobil ini telah ditanam berbagai teknologi canggih seperti Internet of Vehicles (IoV) dan WIND (Wuling Indonesian Command), yang memungkinkan pengemudi mengendalikan kendaraan secara internal dan menggunakan perintah suara.

  1. Keamanan

Wuling Air EV telah dilengkapi dengan fitur keselamatan dan kenyamanan. Berbagai fitur keselamatan seperti ABS, EBD dan ISOFIX menjadikan kamu tidak perlu khawatir dalam berkendara.

Sementara itu, harga kompetitif Wuling Air EV dan ketersediaan suku cadang juga menjadi faktor pendukung popularitas kendaraan listrik bekas Wuling Air di pasar Indonesia.

Indikator penentu harga mobil Wuling AIR EV bekas

Sama seperti mobil bekas pada umumnya, baik itu mobil berbahan bakar minyak maupun mobil listrik tentunya memiliki harga jual bekas yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Meski sebagian besar sama, tetapi mobil listrik juga memiliki indikator penentu harga yang berbeda, diantaranya adalah:

  1. Tahun pembuatan

Sama seperti kendaraan bekas apa pun, harga mobil Wuling Air EV juga dipengaruhi oleh tahun pembuatan. Semakin muda usia mobil tentunya memiliki performa mesin yang masih baik dan tentunya juga memiliki teknologi yang masih up to date.

Tidak seperti jika membeli mobil bekas yang usianya sudah lama, maka terkadang teknologi yang digunakan pada mobil lama sudah ketinggalan jaman dan performanya tidak sebaik mobil baru.

  1. Jenis dan kondisi baterai

Indikator ini memang hanya untuk kategori mobil listrik. Semakin besar kapasitas baterai maka harga mobil bekasnya juga mahal dan tentunya jarak tempuhnya juga jauh. Jika dalam mobil listrik Wuling Air EV maka dipengaruhi oleh dua tipe dan baterainya.

Wuling Air EV tipe sederhana memiliki kapasitas yang lebih kecil dan hanya mampu menempuh jarak 200 km. sehingga harganya tentu lebih murah dibandingkan dengan Wuling Air EV long range yang memiliki kapasitas baterai besar dan jarak tempuh 300 km. Kondisi baterai juga penting, semakin bagus baterai maka semakin tinggi pula harganya.

  1. Total pemakaian jarak tempuh

Sama dengan kendaraan apapun, total jarak tempuh menjadi indikator penentu harga kendaraan bekas. semakin banyak jarak tempuh sebuah mobil, semakin murah harganya. Hal ini disebabkan semakin banyak mobil digunakan tentunya mengalami keausan karena pergesekan sehingga menyebabkan kerusakan dan memerlukan suku cadang untuk memperbaikinya.

  1. Kondisi Fisik dan Interior

Kondisi fisik atau eksterior mobil yang masih mulus dan bagus, tidak cacat atau rusak akan menambah harga jual mobil bekas. Untuk Interior masih terlihat bersih dan rapih membuat nilai harga jual Wuling Air EV menjadi lebih mahal.

Harga Wuling Air EV

Dilansir dari OLXmobbi maka ada beberapa iklan penjualan mobil listrik Wuling Air EV, harganya mulai dari yang termurah berkisar antara Rp 140 jutaan hingga Rp 200 jutaan. Harga tersebut tentunya tergantung dari kondisi dan jarak tempuh yang telah digunakan.

Namun harus diakui, rata-rata mobil listrik bekas dijual dalam kondisi yang belum lama dipakai. Hal ini karena masyarakat hanya ingin  mencoba menggunakan mobil listrik. Jika merasa  tidak cocok, maka mereka akan menjual mobilnya.

Hal ini tentunya menjadi angin segar untuk kamu yang mencari mobil listrik bekas. Selain itu, mobil berukuran kecil ini sangat diminati oleh para wanita dan remaja yang menganggap tampilan mobil ini stylish, lucu dan imut.

Harga Wuling Air EV bekas 2022

Dilansir dari OLXmobbi terdapat beberapa iklan penjualan Wuling Air EV bekas tahun 2022 memiliki harga yang murah. Bahkan ada penjual yang membanderol harga mobil listrik ini mulai Rp 140 jutaan dan yang termahal mencapai Rp 225 jutaan.

Sedangkan untuk versi long rangenya ada yang menawarkan harga mulai dari Rp 180 jutaan untuk tahun produksi 2022. Sedangkan harga termahalnya mencapai Rp 223 jutaan.

Untuk Wuling Air EV Standard Range: mulai Rp 140 jutaan

Untuk Wuling Air EV Long Range: mulai Rp 180 jutaan

Harga Wuling Air EV 2023

Dilansir dari OLXmobbi maka ada beberapa iklan mobil listrik Wuling Air EV produksi tahun 2023 harganya tidak jauh berbeda dengan produksi tahun 2022. Untuk tipe standar range ada yang menjual mulai harga Rp 165 jutaan.

Sementara itu, untuk produksi tahun 2023 tipe long range terdapat beberapa iklan yang dijual dengan harga mulai Rp 187 jutaan. Dan ada yang menjual dengan harga tertinggi Rp 225 jutaan. Untuk produksi tahun 2024 terdapat satu mobil Wuling Air EV tipe standar range yang dijual Rp 149 jutaan.

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik membeli mobil listrik pada tahun-tahun produksinya. Dari segi penggunaan, mobil bekas ini masih dalam kondisi bagus dan bisa dibilang jarang dipakai.

TAG

BERITA TERKAIT