Jumat, 09 Agustus 2024 14:57
Editor : Usman Pala

RAKYATKU.COM, BARRU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barru menggelar kegiatan Campus Talk dengan tema "Meningkatkan Peran Partisipasi Mahasiswa dalam Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2024".

 

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kampus ITBA Al Gazali Barru, Jumat (9/8/2024).

Acara ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Barru, termasuk ITBA Al Gazali, Universitas Muhammadiyah Barru, STAI DDI Mangkoso, STAI Algazali, dan Universitas Hasanuddin (Fakultas Vokasi Barru).

Baca Juga : Bawaslu Barru Sosialisasikan Desa Sadar Pemilu di Kading, Tekankan Pentingnya Partisipasi Masyarakat

Selain itu, sejumlah perwakilan organisasi kepemudaan seperti KNPI, Karang Taruna, dan HMI turut hadir dalam kegiatan tersebut.

 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor ITBA, Mukmin Muhammad, mengapresiasi inisiatif Bawaslu yang melibatkan mahasiswa dalam proses pengawasan pemilihan.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini. Peran mahasiswa sangat penting dalam menjaga demokrasi," ujarnya.

Baca Juga : Tahapan Pilkada Barru 2024 Resmi Diluncurkan, Bupati Barru: Ayo Wujudkan Pilkada Damai

Senada dengan Wakil Rektor, Ketua Bawaslu Barru, Najemuddin, juga menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam mengawasi jalannya Pilkada 2024.

"Pengawas pemilu bukan hanya Bawaslu, tetapi seluruh masyarakat, termasuk adik-adik mahasiswa. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilkada semakin meningkat," kata Najemuddin.

Najemuddin berharap mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dan ikut serta dalam menciptakan Pilkada yang aman, damai, dan demokratis.

Baca Juga : Tinggal Hitungan Hari KPU Barru Launching Pilkada 2024, Ada Selfie dan Maskot Baru!

"Mari kita bersama-sama mengawal jalannya Pilkada, agar pemimpin yang terpilih nanti benar-benar menjadi pemimpin yang amanah," ajaknya.

Pilkada serentak Kabupaten Barru akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024. Bawaslu terus berupaya melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk generasi muda, untuk bersama-sama mengawal proses demokrasi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, pimpinan Bawaslu Barru Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Faridah SH, Pimpinan Bawaslu Barru Divisi hukum, pencegahan, Parmas, dan Humas, Mastan, serta ketua Panitia, Muhaimin Muhammad.