Rabu, 26 Juni 2024 10:05
Editor : Usman Pala

RAKYATKU.COM, BARRU - Bawaslu Kabupaten Barru kembali mengadakan kegiatan penguatan pendidikan pengawasan pemilu partisipatif, bertempat di Cafe 3 R, Selasa (25/6/2024).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman peran partisipasi Ormas dalam pengawasan Pemilu.

Pimpinan Bawaslu Barru, divisi hukum, pencegahan, Parmas, dan Humas, Mastan, dalam sambutannya saat membuka kegiatan, menekankan pentingnya peran pihak-pihak terkait dalam melakukan pengawasan partisipatif untuk mewujudkan pemilihan demokratis dan melahirkan pemimpin berkualitas.

Baca Juga : Bawaslu Barru Gelar "Campus Talk", Ajak Mahasiswa Awasi Pilkada 2024

"Peran pengawas partisipatif dapat membantu penyelenggara pemilu dalam mengawasi jalannya Pemilu, termasuk mengawasi penyelenggara itu sendiri," ujar Mastan.

 

Mastan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kerjasama antara Bawaslu dan seluruh stakeholder dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Barru. Bawaslu siap hadir di tengah-tengah kegiatan Ormas bila diundang memberikan materi pemahaman pengawas partisipatif.

Kegiatan penguatan pendidikan pengawasan Pemilu partisipatif ini diakhiri dengan dialog bersama terkait situasi dan kondisi selama tahapan Pilkada berlangsung. Dialog ini diharapkan dapat menghasilkan masukan dan saran untuk meningkatkan kualitas pengawasan Pemilu di Kabupaten Barru.

Baca Juga : Bawaslu Barru Sosialisasikan Desa Sadar Pemilu di Kading, Tekankan Pentingnya Partisipasi Masyarakat

Hadir dalam kegiatan ini, pakar hukum tata negara, Dirga Ahmad, Komisioner KPU Barru, Abdul Mannan, para Ormas dan serta stake holder lainnya terundang, di antaranya, KNPI Barru, Pemuda Pancasila Barru, Srikandi PP, Muslimat NU, Karang Taruna Barru.

Yang lainnya, Gerakan Pemuda Ansor, PMII Cabang Barru, Fatayat NU. Total peserta hadir 80 orang.