Selasa, 17 Januari 2023 08:55
(Foto: PSSI)
Editor : Nur Hidayat Said

RAKYATKU.COM - Pendaftaran bakal calon Ketua Umum (Ketum), Wakil Ketua Umum (Waketum), dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI resmi ditutup, Senin (16/1/2023) pukul 18.00 WIB.

 

Lima orang telah mendaftar bakal calon Ketum PSSI untuk menggantikan Mochamad Iriawan. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Erick Thohir, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Fary Djami Francis.

Sementara, untuk posisi Waketum PSSI, ada 17 nama telah mendaftar. Lalu, untuk calon anggota Exco berjumlah 78.

Baca Juga : Resmi Jadi WNI, Jay Idzes Siap Bela Timnas

Ketua Komite Pemilihan PSSI, Amir Burhanuddin, mengapresiasi terhadap antusiasme para pendaftar. "Kami sangat mengapresiasi antusiasme para pendaftar komite eksekutif PSSI. Mereka dari berbagai latarbelakang profesi. Ini menunjukkan bahwa banyak yang berkeinginan untuk membangun masa depan PSSI lebih maju dan berprestasi," kata Amir di laman resmi PSSI.

 

Amir juga memberikan respek terhadap antusiasme pendaftar dari kalangan kandidat dari unsur perempuan. Terdapat, sembilan kandidat perempuan yang resmi mendaftarkan sebagai Exco PSSI.

Amir menambahkan, Komite Pemilihan hanya memiliki waktu satu bulan untuk menjalani semua tahapan sampai Kongres Luar Biasa (KLB) digelar pada 16 Februari 2023. Karena itu semua anggota Komite Pemilihan berkomitmen untuk fokus menjalankan tugasnya.

Baca Juga : DPR RI Setujui Rekomendasi Kewarganegaraan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

"Setelah tahap penyampaian berkas pendaftaran kandidat, Komite Pemilihan akan bekerja melakukan verifikasi kelengkapan dokumen para kandidat serta dukungan calon. Verifikasi ini penting agar selanjutnya disampaikan kepada para kandidat dan pengusung untuk melengkapinya,” imbuhnya.

Menurut Amir, setelah dilakukan verifikasi, Komite Pemilihan akan menyampaikan informasi kepada anggota PSSI serta bakal calon Exco PSSI terkait kekurangan kelengkapan dokumen pada 19 Januari 2023.

"Selanjutnya mulai tanggal 19 sampai 21 Januari 2023 para bakal calon dan pengusung dapat melengkapi dokumen kekurangannya langsung ke Komite Pemilihan PSSI. Kami mengajak para kandidat dan pengusung untuk memanfaatkan waktu ini untuk melengkapinya agar lolos ke tahap selanjutnya,” jelas Amir.

Baca Juga : Sukses Gelar Piala Dunia U-17, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025

Komite Pemilihan, lanjut Amir, memiliki waktu 10 hari setelah tahap melengkapi dokumen dari para bakal calon dan anggota PSSI, selanjutnya akan resmi mengumumkan daftar calon sementara Exco PSSI pada 31 Januari 2023.

TAG