Jumat, 18 November 2022 13:13
Ilustrasi.
Editor : Nur Hidayat Said

RAKYATKU.COMTepung protein tinggi menjadi salah satu bahan pembuatan aneka jenis makanan yang dikenal di Indonesia, terutama donat, kue kering dan roti. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa dibuat dengan bahan tersebut.

 

1. White Ring Doughnut
Makanan pertama yang bisa dibuat adalah donat putih atau white ring doughnut. Cara membuatnya, campurkan tepung terigu protein tinggi, gula pasir serta fermipan di dalam wadah, lalu aduk rata.

Masukkan egg yolk serta susu cair. Kemudian mixer adonan sampai teksturnya setengah kalis. Jika sudah, matikan mixer. Masukkan margarin dan garam. Kemudian mixer lagi hingga tekstur adonan kalis elastis. Proses ini membutuhkan waktu ±20 menit.

2. Donat Melting Ring
Berikutnya adalah donat melting ring dengan glaze aneka rasa. Cara membuatnya, bulatkan adonan, tutup menggunakan plastik atau serbet. Diamkan selama ±10-15 menit. Setelah didiamkan, lalu buang gas yang ada pada adonan. Boleh dengan cara ditinju.

 

Langsung bagi adonan jadi 24 bagian dengan masing-masing beratnya 40 gram. Jangan lupa lupa ditutup plastik atau serbet agar adonan tidak kering. Rounding adonan, lalu tutup. Diamkan selama ±15 menit, dan setelah matang langsung celup dengan glaze.

3. Donat Putri Salju
Cara membuatnya cukup mudah, yaitu campur semua bahan dasar donat. Ambil 1 adonan, kemudian pipihkan menggunakan bantuan rolling pin dan cetak. Diamkan adonan hasil cetakan selama ±20-30 menit.

Panaskan minyak dengan api kecil, goreng roti sekali balik saja. Tujuannya agar membentuk bulatan yang cantik. Jika sudah matang, angkat donat dan tiriskan. Beri topping sesuai keinginan Anda, ya.

4. Roti Kacang Sederhana
Selain donat, tepung protein tinggi juga merupakan bahan dari roti secara umum, dan salah satunya adalah roti kacang. Cara pembuatannya yaitu sangrai kacang tanah hingga kering dan kulit ari bisa dikupas, lalu dinginkan.

Setelah dingin, blender hingga halus. Lalu campur tepung dan gula. Masukkan kacang yang telah dihaluskan. Aduk. Tambahkan minya?. Aduk hingga merata. Kemudian uleni sampai kalis.

Siapkan alas untuk menggilas adonan. Lapisi dengan plastik agar gampang diangkat. Ambil adonan lalu gilas hingga tebalnya 0.6 cm. Cetak menggunakan cookie cutter. Ambil lalu tata di atas loyang. Olesi dengan kuning telur.

Jangan lupa taburi dengan wijen juga. Panggang dalam kukusan yang di dalamnya sudah diisi pasir. Panggang selama 5 menit menggunakan api sedang. Kemudian lanjut 30 menit menggunakan api kecil.

5. Kue Kering Kacang
Cara pembuatan makanan yang satu ini cukup mudah. Aduk margarin serta gula hingga lembut. Kemudian masukkan kuning telur. Aduk lagi sampai tercampur rata dan ovenlah setelah dicetak. Lalu kue pun siap dihidangkan.

6. Kue Kering Karamel
Selanjutnya adalah kue kering karamel yang bahannya cukup mirip dengan kue kering kacang. Bedanya, Anda perlu menambahkan tepung terigu serta maizena yang telah diayak.

Lalu aduk memakai spatula hingga kalis. Bentuk adonan sesuai selera. Panggang adonan dengan api sedang sekitar 25-30 menit atau hingga matang. Dinginkan. Buat karamel menggunakan gula pasir. Ambil kue kering, celupkan ke dalam karamel. Angkat dan gulingkan ke dalam karamel.

7. Kue Kacang Mentega
Makanan berikutnya dari bahan tepung protein tinggi adalah kue kacang mentega. Cara membuatnya yaitu campurkan mentega, kacang sangrai, serta gula halus. Aduk hingga rata.

Jika telah rata, tambahkan tepung bertahap. Kemudian uleni hingga tercampur dan dapat dibentuk bentuk jadi bola kecil, sesuai selera. Kemudian tekan menggunakan garpu. Apabila semua selesai, panggang kue kacang di atas teflon. Pastikan Anda menggunakan api kecil.

Bagaimana, tertarik untuk membuat salah satu dari produk berbahan tepung protein tinggi di atas? Yuk, buat sendiri hidangan kesukaan Anda.

BERITA TERKAIT