Senin, 14 November 2022 10:11
Peresmian ruas Pinrang - Rappang sepanjang 3,3 km di Alecalimpo, Keluruhan Pakkie, Kecamatan Tiroang, Kabupaten Pinrang, ditandai pengguntingan pita oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, didampingi Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas, dan Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, Ahad (13/11/2022).
Editor : Nur Hidayat Said

RAKYATKU.COM, PINRANG - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meresmikan jalan lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi ruas Pinrang - Rappang sepanjang 3,3 km di Alecalimpo, Keluruhan Pakkie, Kecamatan Tiroang, Kabupaten Pinrang, Ahad (13/11/2022).

 

Secara simbolis Andi Sudirman menggunting pita didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Astina Abbas, dan Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid. Peresmian hasil pelaksanaan kegiatan rekonstruksi sebagai upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mewujudkan misi hadirnya infrastruktur yang berkualitas dan aksesibilitas.

Pelaksanaan penanganan berupa konstruksi jalan aspal dengan lebar 7 meter, bahu jalan dengan beton cor lebar rata-rata 2 meter, dan timbunan pilihan 25 cm. Jalan ini umurnya diklaim bisa lebih panjang dan awet serta lebih tahan.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Buka Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025, Target Pertumbuhan Ekonomi Hingga 6,82 persen

"Alhamdulillah ini pengerjaan yang modelnya agak berbeda. Ini kita aspal tengah mantap, kemudian kiri kanan untuk bahunya kita cor sehingga dia bisa memperpanjang umur dan lebih awet serta lebih tahan," kata Andi Sudirman.

 

Ia menyebutkan pembangunan di ruas Pinrang - Rappang yang memiliki panjang total ini dikerjakan secara bertahap. “Ruas ini LHR (lalu lintas harian rata-rata) tinggi, banyak yang melintas,” sebutnya.

Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas, menyampaikan ruas Pinrang - Rappang memiliki panjang total 19,68 km. Sepanjang 11,1 km di Pinrang dan di Kabupaten Sidrap 8,5 km.

Baca Juga : HUT Ke-22 Palopo, Pj Gubernur Sulsel Serukan Pembangunan Sektor Pantai Timur

Tahun 2022 yang ditangani ada dua paket, paket pertama long segmen dari Pinrang - Rappang, kemudian Pangkajene ke arah batas Soppeng sekitar 8,9 km. Pelaksanaan rekonstruksi jalan melalui dana Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp13,92 miliar dan saat ini telah diresmikan.

“Khusus yang hari ini diresmikan ruas Pinrang - Rappang 3,3 km sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus dengan nilai kontrak Rp14 miliar,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, menyampaikan apresiasinya atas penanganan jalan di perbatasan dua kabupaten ini yang disebutnya sangat penting.

Baca Juga : Nobar di Parepare, Pj Gubernur Bahtiar Ajak Masyarakat Sulsel Dukung Timnas Indonesia

“Apa yang kita lihat sekarang adalah kesyukuran dengan hadirnya jalan ini,” ucapnya.

Ruas jalan ini, kata dia, saat rusak membuat aktivitas masyarakat maupun pengguna jalan yang melintas terganggu.

“Karena memang dua tahun lebih kita menderita direspons cepat Pak Gubernur dan beliau bisa menyelesaikan untuk tahap ini,” tuturnya.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Ia pun berharap tahun depan perbaikan jalan makin ditingkatkan, termasuk untuk akses ke tempat wisata.