Kamis, 15 September 2022 21:24
Editor : Syukur Nutu

 

 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak bersama Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman terus menjalin kolaborasi untuk membangun Provinsi Sulsel yang maju.

Hal ini dibahas bersama saat Kakanwil menyambangi Gubernur Sulsel di Rumah Jabatannya pada Kamis 15 September 2022.

Baca Juga : HUT Ke-22 Palopo, Pj Gubernur Sulsel Serukan Pembangunan Sektor Pantai Timur

Liberti menyebut bahwa kunjungannya ke Gubernur Sulsel untuk mempererat silaturrahmi dan kerjasama serta kolaborasi dalam melaksanakan tugas di Sulsel. Terkhusus, Ia menyebut bahwa pembangunan di Sulsel dapat diakselerasi bersama dengan peningkatan pendaftaran dan pencatatan Kekayaan Intelektual.

 

"KI dapat berperan sebagai identitas bangsa sekaligus keuntungan bagi suatu daerah, khususnya yang memiliki keunggulan kekayaan intelektual komunal," ungkap Kakanwil ke Gubernur Sulsel.

Salah satu potensi kekayaan intelektual komunal yang perlu didorong agar mampu bersaing di pasar global adalah produk yang mengandalkan potensi karakteristik geografis Indonesia yang dikenal sebagai indikasi geografis (IG).

Baca Juga : Nobar di Parepare, Pj Gubernur Bahtiar Ajak Masyarakat Sulsel Dukung Timnas Indonesia

"Saat ini terdapat 271 Kekayaan Intelektual Komunal di Sulsel yang telah tercatat dan Jumlah Permohonan Kekayaan Intelektual di Sulsel berdasarkan Aplikasi dari Ditjen Kekayaan Intelektual (DJKi) sebanyak 3.458 dengan PNBP sebanyak 1,8 Miliar," tambah Liberti.

Sementara itu, Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Ditjen Kekayaan Intelektua, Anggoro Dasananto yang juga hadir pada pertemuan tersebut mengatakan bahwa saat ini, pihaknya intens melakukan pendampingan terhadap pencatatan KIK di Sulsel.

"Terbaru, DJKi telah melakukan pendampingan terhadap pendaftaran Kekayaan Intelektual di Suslel yakni Kopi Arabika Bantaeng," kata Anggoro.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi terhadap kinerja Kemenkumham Sulsel yang terus mendorong pendaftaran dan pencatatan Kekayaan Intelektual di Sulsel.

"Pemprov Sulsel akan selalu mensupport program kerja Kemenkumham Sulsel sehingga dapat bersama-sama membangun dan menjadikan Sulsel lebih maju," sebut Gubernur.

Pada kunjungan ini, Kakanwil mengundang Gubernur Sulsel untuk hadir pada kegiatan DJKI Mengajar, Yasonna Mendengar, dan Roving Seminar Kekayaan Intelektual yang akan di Selengagrakan di Sulsel pada 27 s.d 29 September mendatang.

Baca Juga : Pisang Cavendish yang Ditanam Warga di Dua Kabupaten Telah Berbuah

Turut hadir dalam kegiatan ini Irwil VI Itjen Kemenkumham Marasidin Siregar, Kadiv Administrasi Sirajuddin, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, Kabid Yankum Mohammad Yani, Kabag Program dan Humas John Batara Manikallo, Kasubid Kekayaan Intelektual Feni Feliana, dan Jajaran Pegawai dari Ditjen Kekayaan Intelektual.