Jumat, 24 Juni 2022 10:36
Editor : Syukur Nutu

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lembaga Ujian Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara resmi mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

 

Pengumuman dilakukan secara serentak pada Kamis (23/6), pukul 16.00 Wita. Sebanyak 4.241 calon mahasiswa baru dinyatakan lulus di Universitas Hasanuddin.

Para peserta mengakses hasil pengumuman melalui LTMPT utama https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ atau dengan akses alternatif melalui laman mirror website Unhas di http://sbmptn.unhas.ac.id.

Baca Juga : Universitas Hasanuddin Sosialisasi Pengawasan UTBK SNBT Tahun 2024

Universitas Hasanuddin menyediakan daya tampung melalui jalur SBMPTN sebanyak 4.185 yang tersebar di 75 program studi, yakni 53 prodi saintek dan 22 prodi soshum. Sementara itu jumlah pendaftar melalui jalur SNMPTN di Unhas sebanyak 42.580 orang calon mahasiswa baru. Dengan demikian tingkat keketatan jalur SNMPTN 2022 di Unhas mencapai 9,96%.

 

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu menuturkan bahwa Unhas tetap menjadi salah satu kampus idaman para calon mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia.

Setiap tahunya terjadi peningkatan jumlah pendaftar di Unhas dengan peminat tertinggi pada program studi kedokteran. Sedangkan dari sisi keketatan persaingan, yakni pada kelompok saintek prodi Teknik Informatika menjadi yang tertinggi di Unhas, di susul prodi Manajemen untuk kelompok Soshum.

Baca Juga : Unhas Terima Anugerah Perguruan Tinggi Informatif dari Komisi Informasi Pusat

“Setiap tahunnya gagal meluluskan para calon mahasiswa baru pada program studi di pilihan pertama. Setiap program studi telah memenuhi jumlah pemenuhan kuota atau daya tampung yang ditetapkan, Kita berharap para calon mahasiswa yang lulus dapat segera melakukan pendaftaran ulang dengan memenuhi persyaratan dokumen yang diperlukan,” kata Prof. Restu.

Lebih lanjut, Prof. Restu menambahkan bahwa proses registrasi ulang calon mahasiswa baru jalur SBMPTN 2022 mulai dibuka pada tanggal 24 sd 8 Juli 2022 dan untuk verifikasi online akademik pada tanggal 28 Juni sd 11 Juli 2022. Prosedur registrasi ulang dapat diakses melalui portal http:/ /reppmb.unhas.ac.id (memilih menu “Prosedur Pendaftaran Ulang Lulus SBMPTN 2022”.

Sementara bagi peserta SBMPTN yang belum berhasil lulus di Unhas, dapat memanfaatkan Jalur Mandiri, yang terdiri atas Jalur Prestasi Olah Raga Seni dan Keilmuan, Jalur Vokasi D4 (Sarjana Terapan), dan Kelas Internasional. Penerimaan Jalur Mandiri Unhas akan mulai dibuka pada tanggal 24 Juni 2022.

Baca Juga : PT Vale dan Unhas Jalin Kerja Sama Strategis Bidang Riset dan Pendidikan

Informasi Jalur Mandiri dapat diakses pula pada portal yang sama di http://reppmb.unhas.ac.id, dengan memilih menu Informasi Jalur Penerimaan, dan Mandiri.