Rabu, 18 Agustus 2021 15:07
Tim Merah Putih Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.
Editor : Nur Hidayat Said

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah unismuh makassar" href="https://rakyatku.com/tag/unismuh-makassar">(Unismuh) Makassar akhirnya meraih nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

 

Hal itu diungkapkan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Erwin Akib, di Kampus Unismuh Makassar, Rabu (18/8/2021).

“Hal ini tidak lepas dari kerja keras Tim Merah Putih, begitu kami menyebutnya. Karena saat visitasi online beberapa waktu lalu, seragam tim itu berwarna merah putih,” ungkap Erwin Akib sembari tersenyum.

Baca Juga : Diplomats Go to Campus, Kemenlu - RI dan Kedubes Amerika Serikat Berkunjung ke Unismuh Makassar

PPG FKIP Unsimuh terdiri atas dua prodi, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Koordinator PPG Unismuh adalah Baharullah, sekretarisnya Sukmawati.

 

“Ke depan, kita berharap PPG Unismuh bukan hanya dua prodi. Kami sudah mengusulkan tambahan Prodi Matematika, PGSD, dan Sosiologi. Semoga bisa segera terwujud sehingga akan menambah jumlah prodi yang memang khusus untuk PPG di Unismuh,” ujar alumnus Program Doktor Universitas Teknologi Malaysia ini.

Dalam penetapan peringkat akreditasi tersebut, kata Erwin, terdapat beberapa faktor yang mampu menunjang Prodi PPG FKIP Unismuh meraih akreditasi A.

Baca Juga : Temui Bupati Gowa, Rektor Unismuh Bahas Rencana Pembukaan Prodi Dokter Spesialis Kegawatdaruratan

“Antara lain, kinerja dan luaran yang basisnya terdiri dari komponen input, komponen output, komponen proses, dan komponen manajemen,” jelas Dekan FKIP Unismuh dua periode ini.

Erwin melanjutkan, luaran dari komponen output dapat dicontohkan seperti di bidang publikasi, riset, hak cipta, dan pengabdian. “Komponen proses seperti kurikulum, penilaian, seleksi, dan tingkat kelulusan. Sedangkan komponen manajemen, seperti tata kelola dan penjaminan mutu Prodi PPG,” ungkapnya.

“Alhamdulillah, dari semua proses itu, PPG FKIP Unismuh berhasil meraih nilai 370, atau predikat A. Terima kasih atas dukungan semua pihak atas keberhasilan ini,” tutup Erwin.