Selasa, 03 Agustus 2021 14:14
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat menerima Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan, di Amirullah, Selasa, (3/8/2021).
Editor : Trio Rimbawan

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan menemui Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di jalan Amirullah, Selasa, (3/8/2021). Pertemuan dua kepala daerah tersebut membahas terkait singkronisasi kelanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masayakat (PPKM).

 

Danny Pomanto sapaan akrab Wali Kota Makassar mengatakan, sangat senang degan kedatangan Bupati Gowa, Adnan Purictha ke kediamannya untuk saling berkoordinasi.

"Wah.. selamat datang Pak Bupati, gagah mentong, dudukki Pak bupati, Kami sangat senang dengan kedatangan beliau ( Adnan), "ucap Danny sambil melepas senyum ke Adnan.

Baca Juga : Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Gowa Siapkan 2.520 Bakul

Terkait dengan pembahasan singkronisasi PPKM Gowa dan Makassar, Danny mengaku cara-cara koordinasi seperti ini yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah dalam mengatasi suatu masalah. Utamanya dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid 19 yang masih merajalelah.

 

" Kami semua ini adalah ahli waris sipakatau,sipakalebbi dan sipakainge, dalam tataran beginilah kita menyelesaikan sesuatu dengan cara-cara musyawarah dan koordinasi. Karena banyak hal yang perlu disingkronkan antara Gowa dan Makassar mulai dari perbatasan, ekonomi dan lainnya, termasuk soal PPKM ini. Dimasa-masa seperti inilah perlu poros komunikasi yang kuat"jelasnya.

Menurutnya, PPKM yang berlaku di Makassar sebaiknya memang diselaraskan dengan daerah gowa yang letaknya saling berbatasan. Seperti soal posko-posko di perbatasan dan jam oprasional pelaku usaha.

Baca Juga : Pemkab Gowa Perkuat Kolaborasi dengan BPS

"Makassar kan di level 4 dan Gowa di level 3,jadi ini perlu dipikirkan bersama bagaimana kedua daerah ini saling singkron. Seperti kemarin itu warteg di Makassar buka sampai jam 10 malam sedangkan Gowa hanya sampai jam 7 malam. "lanjut Danny.

Selain itu, ia mengaku daerah Aglomerasi Mamminasata semua harus terjalin dengan baik di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.

"Inilah perlunya aglomerasi daerah mamminasata dalam menghadapi sebuah masalah harus dijaga sama-sama. Jadi enak kalau begini saling koordinasi. "terangnya.

Baca Juga : Lantik Pengurus PMI Makassar, Adnan Minta Stok Darah Harus Terus Terjaga

Sementara itu, Adnan Puricta yang mengenakan seragam Satpol PP mengatakan, kedatangannya adalah selain untuk silaturahmi, juga ingin berkoordinasi soal kebijakan PPKM di Gowa dan juga di Makassar. Bahwa, ia ingin bagaimana supaya kebijakan PPKM Gowa di level 3 bisa singkron dengan aturan PPKM di Kota Makassar sebelum ditandatangani oleh Wali Kota Makassar.

"Jadi sebelum Pak Wali Kota Makassar menandatangani kebijakan kelanjutan PPKM level 4, kami ingin koordinasikan lalu menyingkronkan antara aturan PPKM di gowa dan makassar supaya masyarakat saya tidak bingung, karena 45 persen masyarakat saya beraktivitas di Makassar begitupun warga Makassar banyak aktivitas di gowa. Alhamdulilah dari pagi sampai siang Pak Wali terima saya di kediamannya untuk koordinasi. "jelasnya.

Dia menambahkan jika dirinya juga sudah menerima salinan draf PPKM Level 4 yang berlaku di Makassar untuk di singkronkan dengan PPKM di Gowa.

Baca Juga : Cuti Dua Bulan untuk Pilkada, Danny Pomanto Ingatkan Netralitas ASN

"Pak wali sudah kasih saya draf PPKM-nya, habis ini saya akan sesuaikan dengan PPKM di Gowa nantinya. "tambanya.

Dalam pertemuan itu, ada hal menarik dari kedua kepala daerah ini, dimana keduanya sangat akrab berbincang. Bahkan keduanya berencana akan bermain futsal bareng.

"Bagus kayaknya sekali-kali kita main futsal, gowa belum pernah futsal sama-sama dengan pak wali."ucapnya

Baca Juga : Pos Pelayanan Publik Parangloe Gowa Diresmikan

Mendengar hal itu, Danny langsung merespon dengan gembira ajakan bupati gowa tersebut.

"Wah mantap itu nanti kita jadwalkan, bisa juga juga kita pakai lapangan besar."pungkas Danny.

 

BERITA TERKAIT