Minggu, 07 Maret 2021 23:02
ILUSTRASI
Editor : Alief Sappewali

RAKYATKU.COM -- Seorang dokter Saudi mampu melakukan operasi langka pada bayi yang menderita kekeruhan di kornea sejak lahir.

 

Dokter tersebut menanamkan sel punca di kornea mata bayi itu. Menggunakan teknik Simple Limbal Epithelial Transplantation. Teknik bedah baru untuk perawatan tersebut.

Asisten profesor di King Abdulaziz University di Jeddah, Dr Mahmoud bin Jameel Shweil menjelaskan, bayi tersebut adalah yang termuda di dunia yang menjalani operasi rumit ini dengan menggunakan teknik tersebut. Bayi itu sembuh setelah operasi.

Baca Juga : Masih Ada 26 Jemaah Haji Indonesia 1444 H Dirawat di RS Arab Saudi

Konsultan oftalmologi itu menambahkan, kasus yang dipublikasikan di Canadian Journal of Ophthalmology ini merupakan pencapaian dokter Saudi di bidang operasi mata dan kornea.

 

Dr Shweil menunjukkan bahwa teknik ini diterapkan lebih awal untuk mengakhiri penderitaan seorang wanita Kanada berusia 60-an. Saat itu penglihatannya semakin memburuk selama lebih dari dua tahun.

Dia mengunjungi banyak rumah sakit dan pusat kesehatan yang mengkhususkan diri pada oftalmologi. Namun, kondisinya sangat sulit. Setelah melakukan tes yang diperlukan dan menggunakan teknologi modern ini, dia pulih dan kembali ke kehidupan normal.

Baca Juga : Satu Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air Usai Jalani Perawatan di Arab Saudi