Senin, 25 Januari 2021 20:05
Ilustrasi
Editor : Fathul Khair Akmal

RAKYATKU.COM - Puluhan juta orang dinyatakan terinfeksi wabah penyakit akibat virus corona di berbagai belahan dunia.

 

Namun ternyata ada beberapa negara yang dinyatakan masih bebas dari Covid-19. Inilah 11 negara di dunia, yang diklaim bebas pandemi dan belum ada catatan kasus positif covid-19.

1. The Cook Islands
Negara dengan jumlah populasi sekira 17.000 jiwa ini sejak awal sudah bergerak cepat melakukan upaya pencegahan persebaran covid-19. Salah satunya dengan menutup sekolah di Rarotonga, pulau terpadat dari 15 pulau di The Cook Island.

Baca Juga : Heboh, Pria Memakai Kaos Oblong Bersarung Biru Munculkan Uang dari Balik Bantal

Selain itu, pemerintah setempat juga menggalakkan protokol kesehatan menjaga jarak fisik di tempat-tempat umum. Setelah beberapa minggu, kehidupan di negara ini disebutkan kembali normal.

 

2. Tuvalu
Negara yang punya populasi sekira 11.500 jiwa ini langsung secara tegas langsung melakukan pembatasan perbatasan dengan penerapan aturan karantina ketat bagi setiap orang yang memasuki negara ini.

3. Tonga
Punya 10.4000 penduduk, negara kepulauan ini diketahui mengubah rute kapal pesiar dan memberlakukan aturan pelarangan perjalanan internasional untuk mencegah masuknya wabah penyakit virus corona.

Baca Juga : Wanita Ini Cek Rekening Bank Setelah 60 Tahun, Perubahan Saldonya Bikin Kaget

4. Pitcairn Islands
Meski hanya dihuni sekira 50 orang, berasal dari keturunan pemberontak terkenal dari HMS Bounty dan segelintir tawanan Tahiti yang sudah berlabuh di pulau ini sejak 1789, tidak ada satu pun kasus positif covid-19 tercatat di sini.

5. Palau
Dihuni oleh 17.900 orang dan terdiri dari lebih 300 pulau, negara ini diketahui langsung melarang semua perjalanan dan memberlakukan karantina ketat bagi warga yang kembali ke Palau.

6. Niue
Negara dengan jumlah populasi penduduk hanya sekira 1.624 orang ini juga termasuk sebagai negara yang bebas kasus covid-19.

Baca Juga : Viral Petani Ukraina "Curi" dan Tarik Tank Rusia Pakai Traktor

7. Nauru
Meski masuk sebagai salah satu negara di dunia yang bebas covid-19, negara dengan total populasi 12.700 jiwa ini dikatakan punya kehidupan sangat tidak layak, mengingat Nauru adalah salah satu negara termiskin di dunia.

Supaya menghasilkan uang, Pemerintah Nauru menyewakan sebagian besar tanahnya ke Australia untuk digunakan sebagai kamp bagi imigran ilegal dan pengungsi.

8. Kiribati
Hanya sedikit maskapai penerbangan yang punya rute terbang ke negara dengan jumlah populasi 116.000 jiwa ini. Sehingga, Pemerintah Kiribati dengan mudah menetapkan aturan larangan melakukan perjalanan alias travel ban.

Baca Juga : Pria Ini Kesulitan Bernapas Bertahun-tahun, Ternyata Ada Gigi Tumbuh di Rongga Hidung

9. Tokelau
Berlokasi di tengah-tengah antara Hawaii dan Selandia Baru, negara kecil yang dihuni sekira 1.411 orang ini masih bebas dari covid-19.

10. Micronesia
Terdiri dari lebih dari 600 pulau, pemerintah memperingatkan sejak awal bahwa tidak ada penumpang yang diizinkan turun dari kapal udara atau laut yang berasal dari luar Negara Federasi Mikronesia.

Ada pengecualian untuk individu tertentu atau mereka yang bekerja di kapal laut komersial yang mematuhi tindakan pencegahan dan protokol kesehatan. Negara ini sendiri merupakan rumah bagi 112.000 jiwa.

Baca Juga : Lagi Viral, Bersandal Jepit Tenteng Kresek Berisi Uang Rp 300 Juta

11. Turkmenistan
Satu-satunya yang bukan merupakan negara kepulauan dalam daftar ini. Negara di Benua Asia Tengah yang punya populasi sebanyak 5 juta jiwa ini disebutkan tidak memiliki catatan kasus positif covid-19 sama sekali. Meski begitu, mengenai apakah negara ini benar-benar nihil covid-19 masih diperdebatkan.

sumber: okezone.com

BERITA TERKAIT