Rabu, 02 Desember 2020 15:23
Editor : Alief Sappewali

MAKASSAR - Kota Makassar berpotensi besar dipimpin wali kota baru, Munafri Arifuddin dan wakilnya Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman).

 

Pasangan nomor urut 2 ini unggul berdasarkan hasil survei elektabilitas yang dirilis lembaga survei Roda Tiga Konsultan (RTK).

Survei yang digelar empat kali itu, tren elektabilitas paslon nomor urut 2 Appi-Rahman konsisten menanjak. Sementara Danny-Fatma konsisten nyungsep. Pada survei keempat Appi-Rahman menyalip paslon nomor urut 1.

Baca Juga : Sudah Komitmen, Appi-Rahman Lanjutkan Perjuangan Tangani Covid-19 di Kota Makassar

“Danny-Fatma 32,5 persen, Appi-Rahman 33,1 persen, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 10,4 persen, dan Irman-Zunnun 3,8 persen. Responden yang merahasiakan pilihannya 12,7 persen dan tidak tahu 7,7 persen,” papar Muhammad Taufik, direktur riset Roda Tiga Konsultan di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (2/12/2020).

 

Presentasi elektabilitas paslon Pilwalkot Makassar 2020 ini merupakan hasil rekam survei terbaru, 14 hingga 16 November 2020. Roda Tiga Konsultan menggunakan 820 responden. Dengan margin error 3,53 persen.

“Populasi survei kami adalah responden yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap atau DPT Pilwalkot Makassar 2020,” kata Taufik.

Baca Juga : Akui Kemenangan Rival dengan Kepala Tegak, Appi-Rahman Tuai Pujian

Di survei terbaru, Roda Tiga Konsultan juga melakukan uji ulang. Hal ini, kata Taufik, untuk menjaga kualitas surveinya.

“Untuk menjaga kualitas survei, kami lakukan pertanyaan ulang, kemudian kita call back. Kami cocokkan jawabannya. Jawaban responden pun konsisten, tidak berubah sesuai dengan jawaban pertama,” tegas Taufik.

Baca Juga : Sudah Sempat Crossing, RTK Ungkap Penyebab Appi-Rahman Kalah Atas Danny-Fatma Versi Quick Count

Roda Tiga Konsultan juga berkesimpulan, pertarungan Pilwalkot Makassar 2020 menyisakan rivalitas antara Danny-Fatma dan Appi-Rahman. Hanya saja jika melihat fluktuasi elektoral, paslon Danny-Fatma tren elektabilitasnya cenderung turun.

“Sementara Appi-Rahman trennya konsisten naik. Ini tergambar dari empat kali survei yang kami lakukan,” lanjut Taufik.

Survei pertama Roda Tiga Konsultan pada 28 Agustus sampai 2 September, survei kedua 1 Oktober sampai 7 Oktober, survei ketiga 20 sampai 25 Oktober dan survei keempat atau terakhir 14 sampai 16 November.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma, Dilan Apresiasi Appi-Rahman dan Imun

“Dari empat kali survei, angka undecided voters juga terus turun dan paling banyak terdistribusi ke paslon Appi-Rahman,” kata Taufik lagi.

“Jika melihat data yang ada, maka bisa disimpulkan bahwa pemenang Pilwalkot Makassar 2020 adalah pasangan Appi-Rahman,” demikian Taufik.