Senin, 19 Oktober 2020 10:11
Ilustrasi.
Editor : Nur Hidayat Said

RAKYATKU.COM - Siapa yang belum pernah mendengar kredit tanpa agunan atau KTA, salah satu produk keuangan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia?

 

Karena tidak mewajibkan peminjam untuk memberikan agunan atau jaminan saat meminjam dana, KTA menjadi produk pinjaman yang banyak menarik perhatian masyarakat.

Kredit tanpa agunan juga biasa disebut dengan pinjaman pribadi tanpa jaminan. Layanan pinjaman ini biasanya ditawarkan oleh perbankan dengan tidak mewajibkan debitur untuk memberikan aset berharga sebagai bentuk jaminan.

Dalam kata lain, nasabah yang ingin mengajukan pinjaman kepada bank tidak perlu menyerahkan agunan atau jaminan selayaknya jenis pinjaman lainnya.

 

Meski menghilangkan syarat pemberian agunan, debitur atau nasabah yang ingin mengajukan utang harus memenuhi berbagai ketentuan lain yang dibebankan oleh pihak bank.

Hal ini dilakukan bank agar meminimalisir risiko gagal bayar dari pihak peminjam. Tentunya, saat tidak memenuhi syarat khusus tersebut, pengajuan KTA tidak akan disetujui.

Jenis pinjaman ini juga banyak dimanfaatkan oleh nasabah yang ingin mendapatkan dana segar untuk berbagai kebutuhan apapun. Pasalnya, tidak ada batasan mengenai untuk apa dana KTA akan digunakan oleh nasabah.

Dana KTA bisa dengan bebas digunakan oleh nasabah, baik untuk kebutuhan menambah modal bisnis maupun untuk keperluan konsumtif.

Nah, di samping kebebasan dalam hal penggunaan dana pinjaman tersebut, ada berbagai manfaat lain yang bisa Anda dapatkan saat mengajukan KTA. Untuk lebih jelasnya, simak 5 kegunaan yang bisa didapatkan oleh setiap pengguna layanan KTA berikut ini.

1. Sebagai Sumber Modal Usaha
Bagi yang ingin merintis sebuah usaha, modal menjadi salah satu masalah klasik yang sering menjadi penghambat dan mengajukan pinjaman bisa menjadi solusinya.

Namun, karena biasanya memerlukan jaminan padahal usaha juga belum tentu bisa menghasilkan keuntungan yang diharapkan, membuat cara ini dianggap bukanlah solusi yang tepat.

Sampai akhirnya muncul layanan KTA yang tentu cocok untuk dimanfaatkan oleh calon pebisnis. Dihilangkannya syarat menyerahkan agunan membuat KTA menjadi produk pinjaman yang paling sesuai dipilih sebagai sumber modal usaha.

Bahkan, bagi Anda pebisnis pemula, tidak ada salahnya untuk mengajukan KTA karena risikonya yang tidak terlalu besar.

Yang terpenting, saat sudah mengajukan KTA sebagai modal bisnis, pastikan untuk disiplin membayar cicilannya tepat waktu dan berusaha mengembangkan bisnis.

Dengan begitu, pihak bank akan menaruh kepercayaan lebih tinggi kepada Anda dan meningkatkan potensi diterimanya pengajuan kredit yang mungkin akan Anda ajukan lagi di waktu yang akan datang.

2. Tambahan Budget Renovasi Rumah
Tidak hanya sebagai modal bisnis, layanan kredit tanpa agunan juga berguna untuk dijadikan sebagai budget tambahan bagi Anda yang sedang merenovasi rumah.

Over budget atau pengeluaran membengkak saat membangun rumah barangkali menjadi masalah yang pasti terjadi.

Nah, saat anggaran untuk renovasi rumah ternyata kurang, Anda dapat menjadikan pinjaman pribadi tanpa agunan sebagai alternatif mendapatkan dana tambahan.

Tidak hanya untuk menambah budget renovasi rumah, KTA juga bisa dimanfaatkan untuk membeli berbagai perabotan rumah agar membuat hunian terasa lebih nyaman untuk ditinggali.

Akan tetapi, walaupun bisa digunakan untuk menambal pengeluaran tersebut, akan lebih bijak jika Anda bisa menghitung nominal pinjaman secara akurat.

Pasalnya, jika mengajukan pinjaman KTA terlalu besar, tidak menutup kemungkinan kondisi keuangan Anda malah akan terganggu. Jadi, tetap batasi jumlah kredit yang diajukan agar beban cicilannya nanti tidak terlalu berat untuk dilunasi.

3. Pengganti Dana Darurat
Kegunaan lainnya dari KTA adalah sebagai pengganti dana darurat. Sifatnya yang tidak membutuhkan agunan serta proses verifikasi dan pencairan yang cepat membuat tak sedikit orang memanfaatkan produk pinjaman ini sebagai alternatif dana darurat. Beberapa produk KTA dari bank-bank ternama.

Bahkan, tak sedikit bank yang kini mampu mencairkan dana KTA dalam hitungan jam saja seperti KTA DBS, KTA Permata, Mandiri, atau BRI. Oleh karena itu, kecepatan proses pengajuan layanan ini membuatnya cocok digunakan sebagai pengganti dana darurat yang biasanya mendesak dan butuh dipenuhi dengan segera.

4. Memenuhi Biaya Liburan hingga Pendidikan
Bagi Anda yang merasa suntuk karena rutinitas sehari-hari dan membutuhkan liburan dengan segera, maka tidak ada salahnya untuk mendapatkan dana berwisata via KTA.

Hal serupa juga bisa Anda lakukan saat membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan pendidikan si buah hati. Kegunaan KTA ini tentu bisa sangat membantu bagi Anda agar tidak lagi kebingungan mencari produk pinjaman untuk kebutuhan liburan maupun pendidikan.

5. Opsi Membiayai Resepsi Pernikahan
Mahalnya biaya resepsi atau pesta pernikahan acap kali menjadi salah satu alasan mengapa seseorang enggan untuk segera menikah.

Padahal, dengan memanfaatkan KTA, masalah tersebut tidak akan terjadi pada Anda. Sebab, biaya pernikahan bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan mengajukan KTA.

Meski Mudah dan Fleksibel, Tetap Tentukan Tujuan Mengajukan KTA dengan Bijak

KTA memang bisa menjadi produk pinjaman yang fleksibel digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Meski begitu, selayaknya produk pinjaman lainnya, pastikan untuk memiliki tujuan yang jelas dalam memanfaatkan KTA dan gunakan sesuai kebutuhan. Dengan begitu, risiko terlilit utang dari pemakaian layanan tersebut tidak akan terjadi kepada Anda.

BERITA TERKAIT