Sabtu, 07 April 2018 02:00

Dukung Gatot Maju Pilpres, Ini Tanggapan Relawan soal Pemodal

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gatot Nurmantyo.
Gatot Nurmantyo.

Ketua Presidium Nasional Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) Dondi Rivaldi

RAKYATKU.COM - Ketua Presidium Nasional Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) Dondi Rivaldi mengklaim pihaknya tidak mendapat sokongan modal dari kalangan pengusaha atau pihak manapun untuk menggerakkan relawan dalam mendukung mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

"Karena kami tidak berkomunikasi dengan pengusaha. Karena kita punya profesi dan penghasilan," kata Dondi saat deklarasi di Jakarta, dilansir CNNIndonesia, Jumat (6/4).

Dondi mengatakan pihaknya hanya bermodalkan semangat untuk menggerakkan kerja-kerja dukungan bagi Gatot.

Dia mengklaim modal logistik untuk menyelenggarakan kegiatan berasal dari swadaya anggota yang berasal dari berbagai elemen seperti nelayan, petani, mahasiswa, buruh, kaum miskin kota hingga eks aktivis.

"Begini, karena ada semangat, jadi enggak ada cerita soal logistik, kamu ada berapa kita patungan. Biasanya gitu, di mana ada semangat, di situ ada jalan, kami yakini itu," kata dia.

GNR, lanjut Dondi, yakin bahwa Gatot merupakan figur yang tepat dan memiliki kualifikasi untuk memimpin Indonesia.

Meski belum memiliki kendaraan politik, Dondi mengatakan pihaknya tetap menghimpun semangat relawan agar tetap mendukung Gatot, salah satunya dengan pembentukan GNR di 19 provinsi.

"Kami akan lakukan langkah konsolidasi terus menerus ke relawan-relawan yang selama ini mendukung pak Gatot. Kami akan juga bentuk GNR di seluruh provinsi sampai ke kota bahkan kalau perlu sampai ke desa," ujarnya.

Selain itu, Dondi yang merupakan eks aktivis 98 ini mengaku tidak mempersoalkan latar belakang Gatot dari militer. Menurutnya siapapun figur yang layak untuk memimpin Indonesia perlu didukung.

"Kami tidak melihat lagi dikotomi sipil dan militer," katanya.

Pasca pensiun awal April lalu, Gatot Nurmanto menunjukan sinyal siap bertarung di Pilpres 2019. Namanya masuk dalam bursa capres maupun cawapres di sejumlah hasil survei.

"Mengabdi kepada nusa bangsa tak selalu harus memanggul senjata. Mulai hari ini saya memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai anak bangsa, anggota masyarakat sipil dan warga negara RI lainnya. Termasuk untuk memiliki hak memilih, juga hak dipilih saat pemilu mendatang," kata Gatot.

Saat ini pun relawan pendukung Gatot sudah mulai bermunculan. Selain GNR ada pula Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN) yang telah muncul terlebih dulu. 

Namun, hingga kini Gatot masih tercatat belum bergabung ke partai politik. Gatot juga belum memiliki perahu atau kendaraan politik yang dapat memenuhi syarat pencalonan presiden sebesar 20 persen.