Kamis, 22 Maret 2018 14:27

Tips Menjaga Buket Bunga Segar Lebih Lama di Dalam Ruangan

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tips Menjaga Buket Bunga Segar Lebih Lama di Dalam Ruangan

Buket bunga segar tentunya akan menambah keindahan ruangan Anda jika diletakkan pada salah satu sisi meja. Namun, faktanya sangat jarang orang menggunakan bunga hidup sebagai hiasan meja karena dinila

RAKYATKU.COM - Buket bunga segar tentunya akan menambah keindahan ruangan Anda jika diletakkan pada salah satu sisi meja. Namun, faktanya sangat jarang orang menggunakan bunga hidup sebagai hiasan meja karena dinilai cepat layu.

Tetapi, dengan sedikit perawatan dan beberapa trik, Anda bisa mendapatkan buket bunga Anda segar lebih lama. Dilansir dari The Kitchn Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan;

1. Potong batangnya
Potong batang bunga anda secara miring. Dengan memotong miring batang bunga akan memiliki area permukaan untuk menyerap air.

2. Pangkas daun ekstra
Daun-daun berserat tipis akan membusuk lebih cepat daripada batang bunga saat terkena air. Untuk itu, sebaiknya pangkas seluruh daun pada bagian yang akan terkena air.

3. Gunakan air hangat
Setelah bunga dipotong, segera memasukkannya ke dalam vas yang berisikan air. Tetapi sebaiknya memberhatikan suhu air yang digunakan. Jika air terlalu panas atau terlalu dingin, itu akan mengejutkan bunga. Berikanlah air dalam suhu sedang, atau hangat.

4. Berikan bunga "makanan".
Bunga bisa diberikan pengawet, yakni campuran bahan kimia untuk menyehatkan tanaman dan menghambat pertumbuhan bakteri. Jika Anda tidak memiliki pengawet tumbuhan, maka Anda bisa menggunakan gula dan air lemon. Dengan takaran satu sendok makan gula dan dua sendok makan air lemon per liter air. 

5. Tempatkan buket bunga di tempat sejuk
Kamar yang bersuhu panas atau area dengan paparan sinar matahari langsung akan menyebabkan bunga Anda layu lebih cepat. Cobalah untuk menyimpannya di tempat yang sejuk dan teduh.

6. Mengganti air pada vas
Sangat ideal untuk mengganti air setiap satu atau dua hari. Ketika mengganti airnya, pastikan Anda menggosok bagian dalam vas, potong ulang batangnya dan tambahkan campuran yang bergizi dan melawan bakteri ke air pada saat yang sama.