Jumat, 09 Maret 2018 10:09

Kekurangan Protein Dapat Sebabkan Kerontokan Rambut

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kekurangan Protein Dapat Sebabkan Kerontokan Rambut

Protein merupakan nutrisi utama untuk pertumbuhan sel dalam tubuh kita, terutama rambut. Kekurangan protein merupakan salah satu penyebab rambut rontok yang paling umum. 

RAKYATKU.COM - Protein merupakan nutrisi utama untuk pertumbuhan sel dalam tubuh kita, terutama rambut. Kekurangan protein merupakan salah satu penyebab rambut rontok yang paling umum. 

Dilansir dari Live Strong, rambut mengandung 90 persen protein. Bila rambut kekurangan protein, maka rambut akan rapuh dan mudah rontok. Selain itu, rambut juga akan menjadi lebih kering dan berubah warna dan menjadi lebih tipis ukuran batang rambutnya.

Jika Anda tidak mencukupi kebutuhan protein Anda, tubuh akan menarik jatah protein dari folikel rambut Anda dan menghentikan pertumbuhan rambut. Kerontokan rambut akibat kekurangan protein ini mulai terlihat 2-3 bulan setelah penurunan asupan protein.

Untuk mengatasi, Anda cukup menjaga asupan protein, dengan mengonsumsi makanan kaya protein yang cukup mudah didapat, termasuk dari ikan, daging, dan telur. Jika Anda seorang vegan/vegetarian, sumber protein bisa didapat dari kacang polong, quinoa, kacang dan biji-bijian, chickpea, tempe, dan tahu.