Senin, 05 Maret 2018 09:42

Jenderal Gatot Dapat Penghargaan Bergengsi Kedua dari Singapura

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jenderal Gatot Nurmantyo saat menerima penghargaan pertama dari Singapura tahun 2016.
Jenderal Gatot Nurmantyo saat menerima penghargaan pertama dari Singapura tahun 2016.

Kinerja Jenderal Gatot Nurmantyo saat menjabat panglima TNI mendapat perhatian luar negeri. Buktinya, koleksi penghargaan terus bertambah.

RAKYATKU.COM - Kinerja Jenderal Gatot Nurmantyo saat menjabat panglima TNI mendapat perhatian luar negeri. Buktinya, koleksi penghargaan terus bertambah.

Rencananya, hari ini Senin (5/3/2018), mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan menerima penghargaan "Distinguished Service Order" (DSO) dari Pemerintah Singapura. 

Dalam bahasa Melayu, penghargaan itu disebut "Darjah Utama Bakti Cemerlang". Penyerahan penghargaan berlangsung pukul 14.15 waktu setempat. Penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden Singapura, Halimah Yacob, di Istana Negara Singapura.

Sebelum menerima penghargaan, mantan kepala Staf TNI AD itu akan menggelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Perry Lim.

Pertemuan itu dimanfaatkan Gatot untuk berpamitan karena segera memasuki masa pensiun. Mantan Pangkostrad itu juga dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pukul 15.10 waktu setempat. 

 

Penghargaan dari Singapura ini bukan yang pertama bagi Gatot. Dua tahun lalu, tepatnya Senin (26/3/2016), Gatot juga menerima penghargaan bergengsi dari Presiden Singapura, Tony Tan Keng, yakni Pingat Jasa Gemilang (Tentera) atau Meritorious Service Medal (Militer).

Pemberian penghargaan dilakukan Menteri Pertahanan Ng Eng Hen di Kementerian Pertahanan (MINDEF). Penghargaan ini diberikan atas kontribusi yang signifikan dalam kapasitasnya sebagai mantan kepala staf TNI AD dalam meningkatkan hubungan yang baik antara TNI-AD dan Angkatan Darat Singapura.

Sponsored by MGID

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Jenderal Gatot, telah terjalin kerja sama yang berlandaskan saling menjaga dan saling pengertian dalam yang diwujudkan dalam bentuk latihan bersama, seperti Latihan Safkar Indopura dan Latihan Chandrapura.

Pada 2015, Jenderal Gatot juga mendapatkan Bintang Kehormatan dari Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah. Penghargaan bernama Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang (DPKT) diberikan saat Gatot menghadiri pertemuan rutin TNI dan Tentara Kerajaan Brunei di Bandar Seri Begawan.

Tak hanya bintang kehormatan, Gatot juga menerima gelar bangsawan 'Dato Paduka Seri'. Pemberian anugerah tersebut menambah daftar panjang penghargaan militer yang diterima Panglima TNI dari negara-negara tetangga.

Sponsored by advertnative