Rabu, 14 Februari 2018 19:03

Ngeri, Begini Detik-detik saat Penutup Mesin Pesawat Lepas di Udara

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ngeri, Begini Detik-detik saat Penutup Mesin Pesawat Lepas di Udara

Kejadian mengerikan menimpa pesawat maskapai United Airlines. Penutup mesin pesawat terlepas saat sedang mengudara di atas Samudera Pasifik.

RAKYATKU.COM - Kejadian mengerikan menimpa pesawat maskapai United Airlines. Penutup mesin pesawat terlepas saat sedang mengudara di atas Samudera Pasifik.

Kejadian itu sempat membuat penumpang panik. Mereka menyaksikannya secara langsung melalui jendela pesawat. Pesawat itu terbang dari San Fransisco menuju Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS)

Pesawat United Airlines dengan nomor penerbangan 1175 itu berhasil mendarat tanpa insiden berarti di Bandara Internasional Honolulu, Selasa (13/2/2018). Juru bicara United Airlines, Charles Hobart, menerangkan, pesawat membawa 370 orang di dalam kabin termasuk penumpang dan kru penerbangan.

“Penerbangan paling mengerikan sepanjang hidupku," komentar salah seorang penumpang, Maria Falaschi seperti dikutip Reuters, Rabu (14/2/2018). 

Charles Hobart belum dapat memastikan apakah mesin di pesawat Boeing 777 itu tetap berfungsi normal setelah penutupnya hilang atau tidak. Namun, pesawat dapat mendarat dengan selamat di tujuan.

 

Juru bicara Badan Penerbangan Federal (FAA), Ian Gregor menuturkan, pilot di pesawat United Airlines 1175 itu sempat menyampaikan ada keadaan darurat akibat getaran di mesin bagian kanan pesawat sebelum mendarat dengan selamat. FAA memastikan akan menyelidiki insiden tersebut hingga tuntas.

Dalam gambar yang beredar, terlihat bagian dari penutup mesin turbin di bagian luar pesawat terjatuh saat Boeing 777 itu mengudara di atas Samudra Pasifik, sekitar setengah jam dari tempat tujuannya. Menurut laporan, pesawat tersebut melakukan panggilan darurat 7700 dan akhirnya mendarat dengan aman di Honolulu.

Sponsored by MGID

Sejauh ini tak ada laporan penumpang cedera. Kendati demikian, ketegangan terjadi di udara. Apalagi saat penumpang melihat ke luar jendela dan menyaksikan ada puing-puing jatuh dari salah satu mesin pesawat.

Penumpang lainnya, Haley Ebert mengatakan bahwa dia mendengar bunyi seperti suara ledakan besar ketika bagian dari penutup mesin terlepas. "Semua orang di sisi kami melihat ke jendela dan menyaksikannya. Penutup mesinnya terbang. Ada puing-puing terbang ke laut, mur dan baut tak lama kemudian. Baut menghantam sayapnya, dan itu yang membuat bunyi 'bam' yang sangat besar," kata Ebert kepada New York Times.

Penumpang lain mengatakan, pesawat tersebut bergetar hebat saat penutup mesin lepas. "Pilot kami mengikuti semua protokol yang diperlukan untuk mengamankan pesawat. Kapal terbang lalu mendarat dan penumpang dijadwalkan kembali terbang," ujar pihak United Airlines dalam sebuah pernyataan.

Sponsored by advertnative