Senin, 05 Februari 2018 09:12

9 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Kanker Kulit

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
INT
INT

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan, yang dapat mempengaruhi sel kulit dan pada akhirnya dapat mempengaruhi organ dalam lainnya.

RAKYATKU.COM - Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan, yang dapat mempengaruhi sel kulit dan pada akhirnya dapat mempengaruhi organ dalam lainnya.

Ada banyak hal yang bisa memicu kanker kulit, salah satunya gaya hidup yang tidak sehat. Untuk lebih memahaminya, berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko kanker kulit:

1. Tidak menggunakan tabir surya
Sejumlah penelitian dan survei telah membuktikan bahwa mayoritas orang tidak menggunakan lotion dan krim tabir surya setiap hari. Sinar ultraviolet dari matahari adalah salah satu penyebab utama kanker kulit dan bisa menyerang manusia dalam rentang waktu singkat saat terkena sinar matahari. Jadi, sebaiknya orang menggunakan lotion tabir surya setiap hari.

2. Makanan tidak sehat
Jika makanan yang Anda konsumsi tidak sehat dan bergizi, maka sel kulit Anda menjadi lebih lemah dan tidak kebal terhadap serangan sel kanker. Buah dan sayuran mengandung banyak antioksidan, yang diketahui bisa mencegah sejumlah kanker, termasuk kanker kulit. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari!

3. Mengkonsumsi gula berlebih
Jika Anda adalah seseorang pecinta makanan manis, seperti permen, cokelat, minuman bersoda, dan sebagainya, Anda mungkin berisiko mengalami kanker kulit. Selain itu, kelebihan gula juga bisa menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya seperti obesitas, diabetes, gigi berlubang, dan penyakit ginjal.

4. Tidak melindungi kulit saat di luar ruangan
Seperti yang sudah kita ketahui, pencemaran udara semakin mengalami peningkatan. Jadi, jika Anda tidak menutupi seluruh area kulit Anda, dengan memakai pelindung seperti sarung tangan, kaus kaki, masker, syal, dan lain-lain, racun dalam polusi juga dapat menyebabkan kanker kulit.

5. Merokok
Ya, merokok juga bisa menjadi kebiasaan yang bisa menyebabkan kanker kulit! Ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa nikotin yang terhirup saat merokok juga dapat menyebabkan kanker kulit.

6. Penggunaan ponsel berlebih
Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan ponsel terhadap tubuh Anda waktu yang lama, juga dapat menyebabkan kanker kulit.

7. Duduk terlalu lama
Studi menunjukkan bahwa duduk terlalu lama, terutama di depan komputer juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker kulit, karena kebiasaan ini dapat mengurangi elastisitas kulit Anda, sehingga membuatnya rentan terhadap serangan penyakit seperti kanker.

8. Jarang melakukan pemeriksaan
Selain melakukan pemeriksaan kesehatan secara umum, penting juga agar kulit Anda diperiksa secara teratur. Spesialis kulit dapat mendeteksi tanda-tanda kanker kulit, jika ada, Anda bisa melakukan pencegahan sebelum itu berkembang terlalu parah.

9. Menggunakan banyak makeup
Saat ini, banyak orang terbiasa menggunakan makeup setiap hari, untuk terlihat cantik. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan produk makeup setiap hari juga dapat memicu kanker kulit, karena sejumlah bahan kimia beracun dapat digunakan dalam pembuatan kosmetik tertentu.