Minggu, 04 Februari 2018 13:03

Diluncurkan Wagub Sulsel, Pemkab Maros Buka Perkebunan Kurma dan Peternakan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang berbicara pada grand launching Kawasan Investasi Kebun dan Ternak di Hotel Harver Makassar, Minggu (4/2/2018).
Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang berbicara pada grand launching Kawasan Investasi Kebun dan Ternak di Hotel Harver Makassar, Minggu (4/2/2018).

Kabupaten Maros akan menjadi daerah agro wisata dengan menyiapkan wisata kebun dan kurban. Kabupaten yang berbatasanan langsung dengan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini, akan dijadikan kawasan in

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Kabupaten Maros akan menjadi daerah agro wisata dengan menyiapkan wisata kebun dan kurban. Kabupaten yang berbatasanan langsung dengan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini, akan dijadikan kawasan investasi kebun dan ternak.

Paling tidak ada dua jenis komoditi perkebunan yang akan dikembangkan di daerah ini, yaitu kurma dan durian. Di samping itu sektor peternakan juga akan dikembangkan yaitu peternakan kambing.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang melakukan grand launching Kawasan Investasi Kebun dan Ternak yang bertajuk Investasi Jaman Now, Investasi Berkah, Keluarga Bahagia, di Hotel Harver Makassar, Minggu (4/2/2018).

Agus Arifin Nu'mang memberikan apresiasi yang tinggi serta ucapan terima kasih kepada pengagas rencana ini termasuk Pemerintah Kabupaten Maros. Menurutnya hal ini sangat sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam upaya untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran.

Mantan ketua DPRD Sulawesi Selatan itu berharap agar pemerintah daerah dapat mem-back up semua proses pelaksanaan kegiatan ini karena nantinya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya yang berdiam di pedesaan.

 

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu juga mengatakan bahwa dengan meningkatkanya kesejahteraan masyarakat di pedesaan, maka secara otomatis tidak akan terjadi lagi penumpukan pengagguran di wilayah perkotaaan. Masyarakat pedesaan sudah tidak akan ke kota lagi mencari nafkah, karena lapangan kerja sudah tersedia di desanya.

Orang nomor dua Sulawesi Selatan itu mengakui bahwa selama ini wilayah dataran tinggi belum tersentuh secara maksimal. Pembangunan masih fokus pada pengembangan wilayah pesisir. Program kawasan investasi kebun dan ternak ini membuat wilayah dataran tinggi atau pegunungan akan tergarap dengan baik.

Sponsored by MGID

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Maros M Makmur yang mewakili bupati mengungkap kesiapan daerahnya untuk mengembangkan program kawasan investasi kebun dan ternak itu. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Maros telah menyiapkan zonasi wilayah pengembangan perkebunan dan peternakan.

Dia juga mengatakan bahwa Kabupaten Maros merupakan wilayah yang sangat strategis untuk pengembangan investasi perkebunan dan peternakan karena berbatasan langsung dengan Kota Makassar yang tentunya memiliki banyak peminat dan daya tarik tersendiri untuk berinvestasi di Kabupaten Maros.