Minggu, 04 Februari 2018 10:55

Pertama Kali Ngobrol dengan JK, Kesan Ustaz Abdul Somad Bikin Ngakak

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wapres Jusuf Kalla mengobrol dengan Ustaz Abdul Somad di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2018).
Wapres Jusuf Kalla mengobrol dengan Ustaz Abdul Somad di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2018).

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menjamu Ustaz Abdul Somad dengan sarapan pagi di rumah dinasnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu pagi (4/2/2018). Ini pertama kalinya dai kondang itu mengobrol l

RAKYATKU.COM - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menjamu Ustaz Abdul Somad dengan sarapan pagi di rumah dinasnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu pagi (4/2/2018). Ini pertama kalinya dai kondang itu mengobrol langsung dengan JK.

Sebelumnya, JK dan Abdul Somad salat berjemaah di Masjid Sunda Kelapa bersama JK dan sejumlah tokoh lainnya. Tampak hadir pula mantan Wakil Ketua MPR RI Aksa Mahmud, Kepala BIN Komjen Budi Gunawan, dan Wakapolri Komjen Syafruddin.

Ustaz Abdul Somad hadir untuk membawakan kajian duha yang rutin dilakukan di Masjid Sunda Kelapa. Sebelum itu, Abdul Somad diajak sarapan terlebih dahulu. Maklum, rumah dinas JK tidak jauh dari Masjid Sunda Kelapa. Mereka berjalan kaki dari masjid ke kediaman Wapres.

Nah, saat menyampaikan ceramah di Masjid Sunda Kelapa, Ustaz Abdul Somad menyampaikan kesannya di kediaman JK. Dia bilang, jika dirinya ditanya bagaimana rasanya sarapan bareng JK, maka, "Saya akan jawab dengan satu kata: kenyang."

Kalimat itu membuat jemaah masjid tertawa. 

 

Dia mengaku, pertemuan dengan JK berlangsung akrab. "Saya tidak merasa asing, tidak merasa kaku, tidak merasa seperti ada protokoler, sejak salat subuh tadi. Rasanya seperti sudah lama kenal," lanjut dai humoris ini yang kembali disambut tawa jemaah.

Dia juga mengatakan bahwa dirinya akan segera kembali ke kampungnya. Menurutnya, keluarga di kampung pasti akan bertanya kesannya bertemu dan mengobrol langsung dengan Wapres Jusuf Kalla. "Masya Allah, seperti ke kampung halaman nan jauh di mato," tambahnya.

Sponsored by MGID

Dia juga mengklarifikasi anggapan orang yang menyebut dia sebagai dai yang keras. Menurutnya, itu hanya kesalahpahaman.
"Pasti dia nontonnya labbaikallahumma labbaik!'," lanjut Somad yang kembali disambut tawa jemaah yang menyesaki Masjid Sunda Kelapa.

Dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau ini lalu menyampaikan ceramah dengan gaya lembut ala Jawa. Alasannya, agar warga yang mengikuti ceramahnya lewat video tak lagi mencap dia ustaz keras. "Yang jadi masalah, dia nggak bisa nonton. Nggak ada paket data," ujar jebolan Institut Dar al-Hadits al-Hasaniyyah, Maroko itu yang kembali mengocok perut jemaah.

Usai kajian duha, Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi kesan terhadap penampilan Ustaz Abdul Somad. "Baik. Referensinya kuat, itu yang membedakan dengan ustaz lainnya," kata JK.