Sabtu, 27 Januari 2018 06:00

Pernah Kentut Saat Sedang Buang Air Kecil? Ini Penyebabnya

Almaliki
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pernah Kentut Saat Sedang Buang Air Kecil? Ini Penyebabnya

Pernah mengalami kentut saat sedang buang air kecil di pagi hari? Tak usah khawatir, karena di dalam dunia kesehatan hal itu memang menjadi sebuah kewajaran dan bukan pertanda sebuah penyakit.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pernah mengalami kentut saat sedang buang air kecil di pagi hari? Tak usah khawatir, karena di dalam dunia kesehatan hal itu memang menjadi sebuah kewajaran dan bukan pertanda sebuah penyakit. 

Dikutip dari Doktersehat.com, pakar kesehatan dokter Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa, "Buang air kecil dan kentut ternyata memang memiliki keterkaitan." Keduanya memang berasal dari saluran berbeda, yakni saluran pencernaan dan saluran kemih yang berasal dari ginjal. Namun, ternyata di antara keduanya terdapat saraf parasimpatis.

Saraf parasimpatis inilah yang berfungsi mengendalikan kontraksi kandung kemih, sehingga kita pun bisa menahan air seni jika memang belum menemukan toilet untuk buang air.

Selain itu, fungsi lain dari saraf parasimpatis ini adalah, untuk mengendalikan kontraksi rektum yang bisa membantu kita buang air besar dengan lancar atau menahannya.

Beberapa fungsi lain dari saraf ini, adalah mengendalikan keinginan kentut, menyempitkan pupil mata, menyempitkan bronkus pada saluran pernafasan, dan lain sebagainya.

 

Saraf parasimpatis ini ternyata juga bisa aktif saat mendapatkan rangsangan dari organ yang ada di dekatnya. Sebagai contoh, saat kita buang air kecil, maka saraf parasimpatis ini akan aktif untuk membuka saluran kencing dan tak lagi menahan air seni. 

Hanya saja, aktifnya saraf ini ternyata juga ikut mempengaruhi rektum atau usus besar, sehingga akhirnya membuat gas yang ada dalam usus besar terdorong menuju anus dan kita pun mengeluarkan kentut.

Sponsored by MGID

Jadi, sudah tahu kan alasan mengapa saat buang air kecil kita juga mengeluarkan kentut?