Jumat, 19 Januari 2018 13:49

Dukungan Tambahan IYL-Cakka Mayoritas Berasal dari Dua Kabupaten Ini 

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dukungan Tambahan IYL-Cakka Mayoritas Berasal dari Dua Kabupaten Ini 

Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) menyerahkan berkas perbaikan syarat pencalonan atau dukungan tambahan ke Komisi Pemilihan Umum Dae

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) menyerahkan berkas perbaikan syarat pencalonan atau dukungan tambahan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel, di Hotel Grand Asia Jalan Boulevard Raya Makassar, Jumat siang (19/1/2018).

Adapun jumlah dukungan perbaikan atau dukungan tambahan yang diserahkan sebanyak 46.464 dari 6.780 total kekurangan yang mesti dicukupkan oleh IYL-Cakka. Jumlah tersebut 15 kali lipat dari jumlah kekurangan yang harus diperbaiki. 

Ketua Tim Pemenangan Rumah Kita IYL-Cakka, Bahar Ngitung  mengungkapkan bahwa jumlah dukungan tambahan IYL-Cakka tersebut tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

"Sebarannya itu tersebar di 24 kabupaten/kota se Sulsel. Tapi, mayoritas dukungan ini berasal dari Kabupaten Gowa dan Luwu," ujarnya usai penyerahan.

Pada kesempatan tersebut, Obama, sapaan akrabnya, juga mengucapkan teia kasih kepada pihak KPU atas kerjasamanya selama ini. Selai itu, anggota DPD RI tersebut juga menekankan kepada KPU untuk bekerja secara adil dan transparan demi terciptanya prosea demokrasi yang bermartabat di Sulsel.

"Kami berterima kasih kepada KPU atas kerjasamanya selama ini. Bukan kami tidak percaya atas kinerja KPU namun tim kami dari Rumah Kita akan tetap mengawal proses verifikasi ini sampai kedaerah. Insya Allah, pasangan IYL-Cakka akan lolos menjadi calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel," tegasnya.

Sementara itu, Komisioner KPUD Sulsel Divisi Teknis Misna Attas, menjelaskan bahwa setelah diterimanya berkas dukungan tambahan duet IYL-Cakka, maka pihaknya segera akan melakukan penghitungan dan verifikasi administrasi.

"Setelah itu, kita akan teruskan ke KPUD di daerah masing-masing untuk dilakukan verifikasi faktual," pungkasnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, bakal calon yang berkasnya masih memerlukan perbaikan harus memasukkan jumlah kekurangan dukungan pada 18-20 Januari 2018. KPU kemudian akan melakukan tahapan verifikasi berkas dan verifikasi administrasi pada 18-26 Januari 2018, serta verifikasi faktual di tingkat desa dan kelurahan pada 30 Januari-5 Februari 2018.

Selanjutnya, rekapitulasi jumlah dukungan di tingkat kecamatan akan dilakukan pada 6-7 Februari, di tingkat kabupaten/kota pada 8-9 Februari, dan terakhir akan diplenokan oleh KPU Sulsel pada 10-11 Februari.

Jika hasil verifikasi faktual kedua dianggap memenuhi jumlah dukungan yang telah dipersyaratkan, maka pasangan bakal calon tersebut, sesuai jadwal, akan ditetapkan sebagai calon pada 12 Februari 2018. Begitu pun sebaliknya.