Jumat, 19 Januari 2018 11:49

Tim IYL-Cakka Tidak Setor 800 Ribu Berkas Dukungan, Bahar Ngitung Beralasan Begini 

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tim IYL-Cakka menyetor tambahan dukungan kepada komisioner KPU Sulsel, Jumat (19/1/2018).
Tim IYL-Cakka menyetor tambahan dukungan kepada komisioner KPU Sulsel, Jumat (19/1/2018).

Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) menyerahkan berkas perbaikan syarat pencalonan atau dukungan tambahan ke Komisi Pemilihan Umum Dae

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) menyerahkan berkas perbaikan syarat pencalonan atau dukungan tambahan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel, di Hotel Grand Asia Jalan Boulevard Raya Makassar, Jumat (19/1/2018).

Adapun jumlah dukungan perbaikan yang diserahkan sebanyak 46.464 atau 15 kali lipat dari jumlah kekurangan yang harus diperbaiki. Jumlah dukungan tambahan IYL-Cakka tersebut tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Berkas dukungan tambahan tersebut diserahkan secara resmi oleh Ketua Tim Pemenangan Rumah Kita IYL-Cakka Bahar Ngitung didampingi oleh Wakil Ketua Tim Suwadi Mahendra serta Sekretaris Tim, Usman Lonta.

Berkas tersebut diterima Komisioner KPUD Sulsel Divisi Teknis Misna Attas didampingi Komisioner KPUD Sulsel Divisi Hukum Khaerul Mannan serta disaksikan Komisioner Bawaslu Sulsel Divisi Hukum Azri Yusuf.

Ketua Tim Pemenangan Rumah Kita IYL-Cakka, Bahar Ngitung, mengungkapkan bahwa sebenarnya pasangan IYL-Cakka masih memiliki 800 ribu dukungan KTP, hanya saja karena berbagai pertimbangan sehingga hanya 46.464 yang disetor ke KPU.

"Hari ini dengan berbagai pertimbangan yang rasional, misalnya terkait biaya operasional dan mobilisasi masyarakat untuk verifikasi faktual nanti maka kami memutuskan hanya membawa 46.464 KTP dukungan atau 15 kali lipat dari jumlah kekurangan yang mesti kita penuhi," tuturnya usai penyerahan.

Sementara itu, Komisioner KPUD Sulsel Divisi Teknis Misna Attas menjelaskan bahwa pihak KPUD Sulsel belum memberikan tanda terima karena jumlah dukungan tambahan yang disetor tersebut harus dihitung terlebih dahulu. "Kita belum memberikan tanda terima karena tanda terima tersebut akan kami berikan setelah semuanya terhitung dan dinyatakan cukup," ujarnya.

Selain itu, menurut Misna, pihak KPUD Sulsel juga meminta kepada tim Liaison Officer (LO) IYL-Cakka untuk tetap bersama-sama KPU mengawal penghitungan dan verifikasi administrasi yang akan dilakukan oleh KPU.

"Kami tetap mengharuskan tim pasangan calon menyaksikan penghitungan bersama-sama. Jadi, tetap ada tim paslon yang stand by di tempat ini," pungkasnya.