Jumat, 15 Maret 2024 13:59

Satgas TMMD Ke-119 Kodim 1409/Gowa Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Masyarakat

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Satgas TMMD Ke-119 Kodim 1409/Gowa Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Masyarakat

Warga diajak agar berperan dalam Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Bersih Dan Sehat).

GOWA --- Dalam rangka membantu akselerasi pembangunan di daerah dan tingkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat, selain pembangunan fisik, Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim 1409/Gowa juga melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Desa Panaikang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Jum'at (15/03/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Paccellekang dr. Gandi Iswanto, Pasi Ter Kodim 1409/Gowa, Kapten Arm Santoso R, Camat Pattalassang, Andi Pangerang Suaib, Sekdes Panaikang, Supriadi dan 50 orang masyarakat.

Baca Juga : Momentum Idul Adha, Adnan Purichta Terus Dorong Pencapaian Pembangunan

Kepala Puskesmas Paccellekang dr. Gandi Iswanto menjelaskan, penyuluhan yang bertema "Darma bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah" serta Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

"Kami mengajak agar masyarakat berperan dalam Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Bersih Dan Sehat), karena sekarang ini telah terjadi pergeseran penyakit, misalkan sepuluh tahun sebelumnya penyakit menular lebih tinggi dibanding penyakit yang tidak menular," katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tujuan Germas ialah menurunkan beban penyakit dan beban biaya, untuk meminimalisir itu lebih baik kita mencegah dari pada mengobati.

Baca Juga : TPID Gowa Pantau Ketersediaan Stok dan Harga di Pasar Jelang Hari Raya Idul Adha

"Tujuan kami ialah pencegahan preventif dari Germas ini ialah aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan jalan sehat," ungkap Kepala Puskesmas Paccelekang ini.

Sementara itu, Pasi Ter Kodim 1409/Gowa, Kapten Arm Santoso R mengatakan, penyuluhan kesehatan sangat perlu diberikan kepada seluruh masyarakat, hal itu guna mengajak seluruh lapisan masyarakat supaya berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Kita berharap dengan pemberian penyuluhan itu, masyarakat mengerti dan paham, sehingga ikut berperan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Bersih Dan Sehat lingkungan masing masing,” pungkasnya.

#Pemkab Gowa