Rabu, 17 Januari 2024 22:15

Sekda Barru ke ASN, Dukung Demokrasi Waspada Cuaca Buruk

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekda Barru ke ASN, Dukung Demokrasi Waspada Cuaca Buruk

"Saya berharap, setiap ASN untuk menggunakan hak konstitusionalnya dengan datang dan memilih pada hari Pemilihan Umum (14 Februari) nantinya, memberi contoh untuk aktif dalam mendukung demokrasi," sebut Abustan.

RAKYATKU.COM, BARRU - Sekretaris Daerah, Abustan bertindak selaku Inspektur Upacara pada Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten Barru bertempat di Halaman Kantor Bupati Barru, Rabu (17/01/2024).

Dalam sambutannya, Sekda Barru mengimbau kepada peserta upacara, menjaga kondisi dilingkungan dimanapun berada, menjadi penyambung lidah kepada masyarakat untuk aktif dalam menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

"Saya berharap, setiap ASN untuk menggunakan hak konstitusionalnya dengan datang dan memilih pada hari Pemilihan Umum (14 Februari) nantinya, memberi contoh untuk aktif dalam mendukung demokrasi," sebut Abustan.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Dirinya juga mengarahkan agar mengantisipasi adanya perubahan iklim sebagai hal yang telah diingatkan oleh BMKG akan prediksi cuaca yang mungkin sedikit ekstrem dalam beberapa hari kedepan. Pihaknya mengimbau untuk siap siaga dan menjadi bagian jika terjadi musibah di tengah masyarakat.

"Memasuki musim hujan, prediksi BMKG minggu ini akan ada cuaca ekstrem. Oleh karena itu harus memperkuat koordinasi," katanya.

Selain itu, dirinya meneruskan arahan Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar, untuk meningkatkan ketahanan pangan, agar seluruh ASN menanam cabai minimal 5 pohon dilingkungan rumahnya masing-masing yang telah disiapkan bibitnya oleh Dinas Pertanian Kab. Barru.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Mantan kadis pendidikan ini juga mengimbau untuk menjaga kondisi yang nyaman dilingkungan kerjanya, bangun kebahagiaan, bangun kerja tim yang baik.

Diakhir sambutannya sekda Barru menutupnya dengan dua pappaseng tau ri olo (pepatah bahasa bugis) pertama "Tellu ri ala sappo, tau'e ri Puang Sewwa'e, siri'e ri watakkale'ta, siri'ta ri padatta rupa tau, Artinya tiga yang dijadikan pelindung yaitu takut kepada Allah SWT, malu kepada diri sendiri, dan malu kepada sesama, kedua aja’ mumaeloq ribetta mak'kejja ricappanna letengnge artinya dalam bekerja hendaknya dilakukan secara maksimal dan kepandaian untuk melihat cara meningkatkan kinerja," tutupnya.

Terlihat, Perwira Upacara Plt. Kasatpol PP Adhy Fatriah dan Komandan Upacara yang juga merupakan unsur Pol PP, sukses melaksanakan upacara yang berjalan hikmadan lancar.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Turut hadir Forkopimda Barru para staf ahli, para Asisten, para Pimpinan OPD dan seluruh ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Barru.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #abustan