Minggu, 26 November 2023 20:39

Pemimpin Muda Berprestasi Berbagi Dalam Makassar Youth Leadership Summit 2023

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Disa Rizky Novianty sebagai Ketua Pelaksana MLS2023, saat memberikan sambutan pada acara MLS 2023, 26/11 Nipah Park
Disa Rizky Novianty sebagai Ketua Pelaksana MLS2023, saat memberikan sambutan pada acara MLS 2023, 26/11 Nipah Park

Makassar Youth Leadership Summit diselenggarakan untuk memfasilitasi pemimpin muda di kota Makassar sebagai agen perubahan untuk dapat saling berdiskusi dan memberikan solusi terhadap issue yang dihadapi oleh mereka sehari-hari

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Menyambut gelaran Makassar Leadership Summit 2023 (MLS2023) yang akan digelar pada 27-28 November 2023 mendatang di Hotel Claro Makassar yang akan menghadirkan 20 lebih pembicara nasional dan 12 topik kepemimpinan, Makassar Youth Leadership Summit 2023 hadir sehari sebelumnya (26/11) di bikin-bikin creative hub Nipah PARK dengan sejumlah deretan pemimpin muda berprestasi di bidang masing-masing.

Sebagai calon pemimpin masa depan, mereka berbagi sejumlah topik kekinian yang dihadapi oleh anak muda saat ini bahkan sebagian besar Masyarakat. Dimana, Makassar Youth Leadership Summit ini diharapkan menghasilkan ide dan solusi yang dapat ditawarkan kepada seluruh stakeholder yang berkepentingan.

 

Disa Rizky Novianty sebagai Ketua Pelaksana MLS2023 dalam sambutannya mengungkapkan, “Makassar Youth Leadership Summit ini diselenggarakan sebagai bagian pembuka dari MLS2023 untuk memfasilitasi pemimpin muda di kota Makassar sebagai agen perubahan untuk dapat saling berdiskusi dan memberikan solusi terhadap issue yang dihadapi oleh mereka sehari-hari,” jelasnya.

Baca Juga : Revitalisasi Lapangan Karebosi Resmi di Mulai, Walikota Makassar; Lapangan Karebosi Tidak Hanya Sekadar Ikon Tapi Mempunyai Sejarah Panjang.

Pada saat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kota Makassar, Andi Pattiware juga mengapresiasi gelaran kolaborasi yang terus terjalin untuk memajukan pemuda di kota Makassar. “Salah satu strategi kami dalam menuntaskan permasalahan pemuda di Kota Makassar ialah menjadi media advokasi tentu saja bekerjasama dengan Makassar Leadership Summit yang diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan yang ada terutama dikalangan pemuda itu sendiri,” ucapnya.

Zensa Rahman sebagai Managing Director Pemimpin.id juga membeberkan semangat positif dari anak muda kota Makassar sebagai calon pemimpin masa depan. “Pemimpin.id tentu membuka ruang sebesar-besarnya bagi future leaders di kota Makassar untuk bertumbuh, berbagi manfaat dan memberi manfaat bagi seluruh masyarakat.” Imbuhnya.

Topik diskusi dalam Makassar Youth Leadership Summit 2023 terbagi dalam 4 sesi yang masing-masing akan membawa topik yang sedang hangat diperbincangkan. Topik pertama dibawakan oleh Akmal Idrus selaku Founder and CEO Rappo Indonesia dan Nariswari Nurjaman selaku Academy Associate Think Policy membahas tema Lingkungan: Keberlanjutan sebagai Kepemimpinan. Dalam sesi ini, peserta diajak untuk memahami dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan dan strategi untuk mempromosikan praktik keberlanjutan.

Baca Juga : Danny Pomanto Apresiasi APPATTASA, Aksi Kolaborasi Duta Pemuda Dispora dan PKK Ujung Tanah

Topik kedua dibawakan oleh Panji Azis Pratama selaku Founder and Partnership Director Isbanban Foundation dan Yusril Nurhidayat selaku Co-President Think-Tank for Asia-Europe Relations (STEAR) yang membahas tema Pendidikan dan Sociopreneurship. Sesi ini fokus pada peran pendidikan dan inisiatif sociopreneur dalam mengatasi isu-isu sosial. Sehingga diskusi pada sesi ini diharapkan menyoroti bagaimana pendidikan dapat meningkatkan kesadaran dan kesetaraan sosial.

Topik selanjutnya terkait Teknologi dan Digital Transformation : Navigasi Masa Depan! dibawakan oleh Gina Mardiana selaku AVP Feedloop AI dan Iksan Bangsawan selaku Creativepreneur and CEO SKENA. Dalam sesi ini, para pembicara berbagi bagaimana inovasi teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tantangan kontemporer dan mempersiapkan generasi muda untuk peluang masa depan.

Topik terakhir dibawakan oleh Agusti Salman Farizi selaku Co-Founder AMODA dan Rachmat Almu Arrif selaku Founder and CEO Browcyl yang membahas seputar Ekonomi dan Masa Depan Pekerjaan : Adaptasi dan Inovasi. Peserta diajak untuk memahami peluang dan tantangan dalam ekonomi digital, pentingnya kewirausahaan dan bagaimana keterampilan adaptasi menjadi kunci masa depan.

Baca Juga : Plt Kadispora Kunjungi Menpora RI, Begini Pembahasannya

Selanjutnya setiap peserta akan saling berdiskusi untuk menyiapkan ide dan usulan bersama yang akan disampaikan pada Makassar Leadership Summit 2023 keesokan harinya. “Hasil dari diskusi akan dipresentasikan di acara pembukaan Makassar Leadership Summit 2023 dengan harapan usulan program dari pemimpin muda makassar tersebut dapat di dukung oleh pemerintah, perusahaan, dan juga lembaga pendidikan di kota Makassar,” Tutup, Disa.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai Makassar Leadership Summit 2023, masyarakat dapat berkunjung ke Instagram @makassarleadershipsummit

#Makassar Leadership Summit 2023 #MLS 2023 #dispora makassar