Jumat, 09 Juni 2023 19:01

Festival Inovasi OMS di Luwu Utara, Panggung Kreativitas Kaum Disabilitas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (kiri), menyerahkan bantuan usaha kepada penyandang disabilitas binaan Baznas Luwu Utara.
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (kiri), menyerahkan bantuan usaha kepada penyandang disabilitas binaan Baznas Luwu Utara.

Festival Inovasi OMS di Luwu Utara jadi panggung kreativitas bagi kaum disabilitas. Dalam festival ini, PPDI Luwu Utara membagikan bunga kepada pengguna jalan sebagai bentuk aksi kepedulian, sementara dua penyandang disabilitas binaan Baznas Luwu Utara, Tya dan Anggi, mendapatkan bantuan usaha untuk pengembangan bisnis mereka.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Festival Inovasi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang digelar Simpul Belajar La Maranginang bekerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara mulai, 25 Mei sampai 8 Juni 2023, sukses digelar.

Simpul Belajar La Maranginang adalah gabungan 16 OMS yang menjadi mitra pembangunan di Luwu Utara, seperti USAID, ICRAFT, STCI, RA, MARS, OLAM, Save The Children, JKPP, SLPP Tokalekaju, Perkumpulan WALLACEA, Jurnalis Warga, dan Fattayat NU.

Salah satu kegiatan yang menyita perhatian adalah SINOLE, yaitu aksi kepedulian organisasi dan kelompok rentan disabilitas. Pada kegiatan ini, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Luwu Utara membagikan bunga kepada pengguna jalan, Kamis (8/6/2023), di jalan Trans Sulawesi depan Warkop Adira Masamba.

Baca Juga : BLT di Luwu Utara Mulai Tersalur

Aksi ini mengundang simpati publik. Mengingat aksi ini dilakukan kaum disabilitas, dibantu OMS lainnya. Aksi ini dipimpin Ketua PPDI Luwu Utara, Makmur. Menariknya, Kepala DPMPTSP Luwu Utara, Alauddin Sukri, dan Kepala Bank Sulselbar Luwu Utara, Faisal Sukma, ikut dalam aksi tersebut.

“Kami bersama PPDI Luwu Utara membagikan bunga atau kembang dari OMS kepada para pengguna jalan sebagai rangkaian Festival OMS yang puncaknya kita laksanakan hari ini,” kata Direktur Perkumpulan WALLACEA, Basri Andang, yang juga bagian dari pelaksana kegiatan.

Kepala DPMPTSP Luwu Utara, Alauddin Sukri, yang juga ikut turun langsung ke jalan membangikan bunga kepada para pengguna jalan mengatakan dirinya seperti kembali bernostalgia tatkala masih menjadi mahasiswa puluhan tahun silam.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Jadi Narasumber Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Bahas Isu Strategis

“Ini seperti mengulang ‘mainan’ saya puluhan tahun yang lalu saat turun ke jalan, tetapi hari ini dengan suasana yang berbeda,” sebut Alauddin sembari tersenyum.

Aksi kaum disabilitas tak berhenti sampai di situ. Kehadiran dua penyandang disabilitas binaan Baznas Luwu Utara juga menjadi pusat perhatian, yakni Tya dan Anggi.

Dua kaum difabel ini memiliki usaha masing-masing yang sudah mulai berkembang dengan baik. Tya dengan usaha pembuatan boneka mirip beberapa tokoh terkenal, salah satunya Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Sementara Anggi, dengan usaha menjahitnya.

Baca Juga : Musrenbang RPJPD, Pemkab Luwu Utara Tetapkan Visi Pembangunan 2025—2045

Kedua penyandang disabilitas ini mendapatkan bantuan usaha dari Baznas Luwu Utara sebagai stimulus bagi kelompok mereka masing-masing. Bantuan ini diserahkan langsung Bupati Luwu Utara disaksikan Ketua Baznas Luwu Utara, Nuslah.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani