Jumat, 09 Juni 2023 18:04

Kemenag Sidang Isbat Awal Zulhijah 18 Juni 2023, Rukyatul Hilal di 99 Lokasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kemenag akan menggelar sidang isbat awal Zulhijah pada 18 Juni 2023 nanti dengan mengundang berbagai lembaga terkait dan ormas-ormas Islam untuk menetapkan waktu pelaksanaan ibadah Lebaran Iduladha. Selain itu, akan menyelenggarakan rukyatul hilal awal Zulhijah di 99 lokasi di seluruh wilayah Indonesia.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan awal Zulhijah 1444 H, Ahad (18/6/2023).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, mengatakan sidang isbat akan digelar di Auditorium H.M. Rasjidi Kemenag, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

"Sidang isbat awal Zulhijah bertepatan dengan 29 Zulkaidah," ujarnya pada rapat persiapan penetapan awal Zulhijah, di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

Adib menjelaskan, sidang penetapan awal Zulhijah ini merupakan salah satu bentuk layanan keagamaan bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah Lebaran Iduladha.

"Sidang ini merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Kementerian Agama kepada umat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah hari raya Iduladha," terangnya.

Menuju pelaksanaan sidang isbat, Adib mengajak seluruh pihak terkait untuk mempersiapkan segala sesuatunya sehingga bisa menghasilkan keputusan yang akan ditetapkan nanti.

Baca Juga : Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1445 H 9 April 2024

"Ini menjadi tugas dan fungsi kita semua. Tentu membutuhkan pelaksanaan yang baik. Karena nantinya, hasil keputusan sidang isbat akan ditetapkan oleh Pak Menteri (Yaqut Cholil Qoumas)," ucapnya.

Adib menjelaskan, Kemenag juga akan menggelar rukyatul hilal awal Zulhijah pada 99 titik di Indonesia. Hasil rukyatul hilal merupakan sebagai salah satu rujukan dalam penetapan waktu Lebaran Iduladha.

“Sebelum sidang isbat, kita akan menggelar rukyatul hilal awal Zulhijah. Kita memutuskan akan menggelar rukyatul hilal di 99 lokasi seluruh wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga : Muhammad Tonang Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Sulsel

Sidang isbat akan dihadiri duta besar negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, serta lembaga dan instansi terkait lainnya.

#kementerian agama #Lebaran Idulfitri 2023