Jumat, 09 Juni 2023 17:05

Jamin Kesehatan Hewan Kurban, PD RPH Makassar Lakukan Karantina Ulang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PD RPH Makassar memastikan kesehatan hewan kurban dengan karantina ulang. (Foto: Humas Diskominfo Makassar)
PD RPH Makassar memastikan kesehatan hewan kurban dengan karantina ulang. (Foto: Humas Diskominfo Makassar)

PD RPH Makassar memastikan kesehatan hewan kurban dengan karantina ulang. Sebanyak 150 ekor sapi dari Sumbawa telah tiba dan akan diperiksa kesehatannya. Masyarakat diimbau memilih hewan kurban yang sehat dan pemotongannya sesuai syariat Islam.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) Makassar menjamin kesehatan hewan kurban menghadapi momentum Lebaran Iduladha 1444 H/2023 M nanti. Selain pemeriksaan kesehatan juga akan dilakukan karantina ulang.

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Utama (Dirut) PD RPH Makassar, Muhammad Idris, mengatakan RPH Tamangapa Antang telah menerima ratusan ekor sapi yang didatangkan dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sebanyak 150 ekor sapi sudah tiba. Ini mau datang lagi 50 ekor. Kita kerja sama langsung dengan peternaknya untuk datangkan 700 ekor sapi," Idris, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Idris memastikan ratusan ekor sapi tersebut bebas dari penyakit. Setelah tiba di Makassar, sapi-sapi akan melewati proses karantina ulang.

Dalam waktu dekat, PD RPH Makassar juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan atas sapi-sapi tersebut, bekerja sama Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar.

"Sapi yang kami datangkan dari Sumbawa itu, ada bukti karantinanya, riwayat kesehatannya, ada barcode-nya,” terangnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Idris menjelaskan, mereka sengaja mendatangkan sapi dari Sumbawa karena daerah tersebut saat ini berada dalam zona hijau atau bebas dari penyakit hewan ternak.

PD RPH Makassar tidak ingin mengambil risiko dengan mendatangkan sapi kurban dari daerah asal Sulawesi Selatan (Sulsel). Pasalnya, beberapa kasus penyakit hewan ternak telah ditemukan di Sulsel, seperti di Kabupaten Barru.

Idris juga mengimbau masyarakat untuk tidak sembarangan dalam membeli dan memilih hewan kurban. Selain harus sehat, proses pemotongan hewan juga harus sesuai dengan syariat Islam.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

“Di RPH kami siapkan beragam berat sapi dengan harga yang sudah kami tentukan. Dari berat 60 kilogram hingga 150 kilogram. Sudah ada yang pesan, puluhan via booking. Ada juga yang sudah sampaikan akan membeli mendekati lebaran," ungkapnya.

#PD RPH Makassar #pemkot makassar #Iduladha 2023 #Hewan Kurban