Selasa, 06 Juni 2023 10:08

Dekranasda Sulsel Pamerkan Kerajinan Unggulan di MNEK 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Dekranasda Sulsel)
(Foto: Dekranasda Sulsel)

Dekranasda Sulsel mendukung 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Makassar dengan memamerkan produk kerajinan unggulan Sulsel, seperti anyaman atap Konjo, sarung sutra, anyaman rotan, aksesori dan tas khas Sulsel, serta tenun Toraja, untuk memperkenalkan kembali kerajinan tersebut kepada para pengunjung yang hadir.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ambil bagian mendukung suksesnya 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, yang mulai berlangsung, Senin (5/6/2023).

MNEK adalah latihan nonperang yang bertujuan memperkuat kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan antara TNI AL dengan negara-negara sahabat. Latihan internasional yang diadakan TNI AL ini mengusung tema Partnership to Recover and to Rise Stronger dan akan berlangsung hingga 8 Juni 2023 dengan dihadiri AL dari 36 negara.

Dalam acara ini, Dekranasda Sulsel memamerkan sejumlah produk kerajinan unggulan. Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina, mendorong pengembangan produk unggulan khas Sulsel menjadi fokus dalam pameran ini.

Baca Juga : Sinergi Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana Semakin Kuat

Sekretaris Dekranasda Sulsel, Adel, menjelaskan dalam MNEK 2023 ini, mereka menampilkan berbagai kerajinan dari kabupaten/kota di Sulsel.

“Dekranasda menampilkan kerajinan atap Konjo, yakni anyaman dari serat lontar. Kemudian juga ada sarung sutra, ada dari eceng gondok by Elsa. Kemudian ada juga anyaman dari rotan dan sejumlah aksesori dan tas yang berciri khas Sulsel serta tenun dari Toraja,” sebutnya.

"Target kami adalah bagaimana kerajinan-kerajinan ini bisa dikenal lagi karena pameran kali ini karena banyak kunjungan dari mancanegara," sambungnya.

Baca Juga : Konsulat Jenderal Filipina Temui Pj Gubernur Bahtiar, Perkuat Hubungan Bilateral

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mendampingi Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, secara resmi membuka acara MNEK 2023.

#Pemprov Sulsel #MNEK 2023 #dekranasda sulsel