Jumat, 02 Juni 2023 22:06

1.897 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Makkah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Kemenag)
(Foto: Kemenag)

Sebanyak 1.897 jemaah haji Indonesia tiba di Makkah dalam dua gelombang, dengan kedatangan yang meriah dan disambut baik pihak maktab di pemondokan mereka. Dalam kedatangan ini, terdapat 63 lansia dan 12 pengguna kursi roda yang akan mendapatkan bimbingan khusus selama umrah mereka.

RAKYATKU.COM, MAKKAH - Sebanyak 1.897 jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam lima kelompok terbang (kloter) tiba di Makkah.

Jemaah ini tiba dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama pukul 20.00 WAS terdiri atas jemaah Jakarta Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01), dan Makassar (UPG 01), serta gelombang kedua pukul 22.00 WAS yang terdiri atas jemaah Aceh (BTJ 01) dan Medan (KNO 01).

Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, mengaku gembira melihat kedatangan jemaah di Makkah dalam keadaan sehat dan disambut meriah pihak maktab di pemondokan mereka.

Baca Juga : Muhammad Tonang Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Sulsel

"Alhamdulillah saya ucapkan syukur, jemaah sudah tiba di Makkah dalam keadaan sehat dan petugas yang sigap membantu jemaah," tutur Abdul Aziz saat menyambut kloter 01 Makassar di Sektor 3 Kawasan Syisah Makkah, Kamis (1/6/2023) malam.

"Hotel juga sudah dipersiapkan dengan baik. Jemaah kita disambut baik dan ramah. Mudah-mudahan ini dapat dipertahankan," lanjutnya.

Abdul Aziz juga mengimbau petugas agar membantu mengingatkan jemaah bahwa di Arab Saudi cuaca cukup panas. Untuk itu, jemaah diharapkan dapat menjaga kesehatan dan banyak minum untuk menghadapi situasi ini.

Baca Juga : Menag: 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Kepala Sektor 3, Ikbal Ismail, dalam keterangannya menyebutkan ada 392 jemaah asal Makassar yang tergabung dalam kloter 01 UPG yang tiba di Makkah hari ini.

Dari 392 jemaah ini, 63 orang di antaranya adalah lansia serta terdapat 12 orang pengguna kursi roda.

"Jemaah kami persilakan untuk istirahat 2 sampai 3 jam karena habis melakukan perjalanan jauh dan setelah itu baru melaksanakan umrah wajib," tutur Ikbal.

Baca Juga : Pengumuman Hasil Seleksi PPIH Arab Saudi 1445 H Diundur

"Untuk jemaah lansia dan pengguna kursi roda akan mendapatkan bimbingan khusus oleh petugas hingga kembali ke hotel setelah umrahnya," imbuhnya.

Sumber: Kemenag

#kementerian agama #Haji 2023