Jumat, 02 Juni 2023 21:03

Wali Kota Makassar Bersama KSAL Mantapkan Persiapan Pembukaan MNEK 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali, di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Jumat (2/6/2023).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali, di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Jumat (2/6/2023).

Wali Kota Makassar dan KSAL memastikan persiapan MNEK 2023 dengan tarian kolosal dan dukungan 99 persen dari Pemkot Makassar, termasuk pembenahan kebersihan, pemasangan bendera, dan pembangunan Tugu Komodo. Event ini juga akan dihadiri 36 kapal perang AL dari berbagai negara yang bersandar di Kota Makassar, menampilkan atraksi menarik dan pameran internasional.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, memantapkan pertunjukan tarian kolosal persiapan pembukaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

"Tarian tadi saya lihat juga sudah oke," kata Danny Pomanto, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, usai memantau aksi gladi kotor bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali, di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Jumat (2/6/2023).

Danny Pomanto mengaku sudah memastikan seluruh persiapan dan dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar sudah 99 persen.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

"Dukungan Pemkot Makassar terhadap MNEK saya pastikan sudah rampung 99 persen. Selanjutnya sisa pembenahan-pembenahan sedikit saja," ujarnya optimistis.

Pembenahan itu, misalnya, berupa kebersihan, pemasangan bendera, dan beberapa lainnya. Pasalnya, diketahui bakal ada peninjauan para jenderal terhadap pembuatan pinisi di Center Point of Indonesia (CPI).

"Malam ini tinggal dipasang-pasang bendera dari masing-masing negara. Keseluruhan semuanya sudah siap," ungkapnya.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Begitu pula dengan pembangunan Tugu Komodo yang sudah rampung 100 persen.

Danny Pomanto tak lupa mengajak masyarakat Makassar agar menyaksikan event internasional terbesar dan termegah di Makassar itu.

"Saya imbau kepada masyarakat untuk menonton karena banyak atraksi menarik, pameran-pameran dari berbagai negara. Jadi silakan datang dan ramaikan," imbaunya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Apalagi, di sela-sela acara, Selasa (6/6/2023) malam, ada tambahan hiburan Mix Martial Arts (MMA) atau olahraga tarung yang turut meramaikan acara.

Pada kesempatan ini, Danny Pomanto bersama Muhammad Ali menghabiskan sekitar satu jam lebih menyaksikan atraksi dan demonstrasi TNI AL. Mulai demonstrasi pesawat tempur AL, penerjun payung, helikopter, drumband taruna AL, hingga tari kolosal persembahan Pemkot Makassar.

MNEK merupakan kegiatan latihan nonperang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

MNEK digelar 5 hingga 8 Juni yang dihadiri langsung KSAL. Akan hadir 36 kapal perang AL dari berbagai negara di dunia yang bersandar di Kota Makassar.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #Kepala Staf Angkatan Laut #Laksamana TNI Muhammad Ali #MNEK 2023