Kamis, 01 Juni 2023 19:20

Gubernur Andi Sudirman Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2023

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Andi Sudirman Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 2023

"Perlu belajar dari negara lain, yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara sebagai mana terjadi di berbagai belahan dunia"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Upacara Gubernuran, Kamis, 1 Juni 2023.

Dalam sambutannya menyampaikan, Pancasila sebagai dasar konstitusi dan falsafah hidup dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Upacara dengan tema: Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global, ia harapkan menjadi momentum meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

Ia menyampaikan, Pancasila menjadi energi bangsa Indonesia sebagai sebuah episentrum pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia. Semangat bergotong royong untuk membangun peradaban dan pertumbuhan global.

"Upacara dengan tema Gotong Royong membangun peradaban dan pertumbuhan global menjadi momentum selalu menjaga semangat NKRI," kata Andi Sudirman.

Tantangan yang ada saat ini, harus waspada pada segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik di Sulsel Berjalan Lancar

"Perlu belajar dari negara lain, yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara sebagai mana terjadi di berbagai belahan dunia. Dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 45 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar hal tersebut.

"Sebagai salah satu wujud asbab (perbuatan) persatuan Negara Kesatuan RI ini, bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri ini," imbuhnya.

Ia juga menyampaikan, perlu kewaspadaan terhadap hoaks yang dapat memprovokasi dan memecah belah.

Baca Juga : Hadiri Buka Puasa Akbar dan Peringatan Malam Nuzulul Qur'an, Sofha Marwah Bahtiar Serahkan Sejumlah Bantuan

"Setiap warga wajib mencegah adanya provokasi termasuk identitas SARA, hoaks serta isu lainnya yang dapat memecah bela semangat NKRI," ucapnya.

Usai upacara kemudian menyapa peserta upacara termasuk siswa-siswi pelajar, serta melakukan foto bersama.

"Salam Pancasila, NKRI Harga Mati," sebut Andi Sudirman saat foto bersama dengan Forkopimda Sulsel.

#Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman