Kamis, 01 Juni 2023 14:05

Wali Kota Parepare Buka Festival Salo' Karajae, Tandai 10 Tahun Inovasi Bangun Pariwisata

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pembukaan Festival Salo' Karajae di Pelataran Tonrangeng River Side, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (31/5/2023) malam.
Pembukaan Festival Salo' Karajae di Pelataran Tonrangeng River Side, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (31/5/2023) malam.

Festival Salo' Karajae, yang dibuka Wali Kota Parepare Taufan Pawe, menandai 10 tahun inovasi dalam pembangunan pariwisata Parepare. Festival ini mencerminkan visi untuk menjadikan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap dengan melibatkan stakeholder dan memberikan kontribusi besar pada kemajuan pariwisata di Indonesia.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, membuka Festival Salo' Karajae di Pelataran Tonrangeng River Side, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (31/5/2023) malam.

Festival yang masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kemenparekraf RI ini dimeriahkan penyanyi Andika Mahesa. Vokalis Kangen Band itu sukses menghibur pengunjung dengan tujuh lagu hitsnya.

Dalam sambutannya, Taufan menyebutkan Festival Salo' Karajae telah digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare selama 10 tahun atau sepanjang dirinya menjabat Wali Kota Parepare selama dua periode.

Baca Juga : Pemkot Parepare Gelar Hala Bihalal Usai Libur Panjang Lebaran

Ia mengungkapkan, Festival Salo' Karajae merupakan perwujudan teori telapak kaki yang ia usung untuk mencapai visi misi menjadikan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap.

"Festival Salo' Karajae sudah tahun ke-10. Ini adalah inovasi saya sejak pertama kali memimpin Parepare. Kondisinya belum seperti ini, kita terus bergerak, berinovasi dengan melibatkan semua stakeholder sehingga hasilnya sesuai yang kita harapkan," ujar Taufan.

Ia mengatakan, Parepare memang kota kecil, tetapi punya kontribusi besar dalam meningkatkan kemajuan pariwisata di Indonesia.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Sampaikan Duka Cita Atas Terjadinya Bencana Longsor di Tana Toraja

"Terima kasih Ya Allah engkau berikan saya kekuatan 10 tahun mengabdi di kota kelahiran saya dan ini adalah tahun terakhir saya. Mudah-mudahan pengganti saya dapat meneruskan kejayaan dan kemajuan pariwisata Parepare sehingga masyarakat kita tetap sejahtera," paparnya.

"Selamat datang di Kota Cinta B.J. Habibie. Saya bangga teori telapak kaki Bapak-Ibu di Parepare sudah tercatat dan meningkatkan perekonomian Parepare," tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sulsel, Asriady Sulaiman, mengapresiasi kepemimpinan Taufan Pawe yang sukses membawa kemajuan besar untuk Parepare.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Lepas Rombongan Mudik Gratis ke Kalimantan

"Bertanyalah kepada Bapak Wali Kota Parepare bagaimana beliau membangun Parepare dengan pariwisatanya," katanya.

Apresiasi selanjutnya juga diuraikan Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Muhammad Arifin, yang turut hadir pada kesempatan ini.

"Apresiasi setinggi-setingginya untuk Pemerintah Kota Parepare. Parepare wajib berbangga karena Festival Salo' Karajae terpilih kembali sebagai Kalender Event Nasional 2023," jelasnya.

Baca Juga : Akbar Ali Pimpin Jajaran Pemkot Parepare Halal bihalal Bersama PJ Gubernur Sulsel

Event kepariwisataan dengan konsep pelestarian budaya, kearifan lokal bertema Memulihkan dan Memajukan Ekonomi Melalui Event ini, kata dia, dapat mendongkrak perekonomian dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Pembukaan ini ditandai dengan penabuhan gendang oleh Wali Kota Parepare bersama Kepala Disparbud Sulsel dan Direktur Politeknik Pariwisata Makassar.

Festival akan berlangsung hingga 4 Juni 2023 nanti. Berbagai macam hiburan dengan menonjolkan pelestarian budaya dan kearifan lokal serta puluhan stan kuliner akan memanjakan pengunjung.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #taufan pawe #Festival Salo' Karajae #Festival Salo' Karajae Parepare