Rabu, 31 Mei 2023 09:18

Moeldoko Apresiasi Pengelolaan Pertambangan PT Vale di Blok Sorowako

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy (kiri), mendampingi Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, berkeliling Danau Matano dengan menggunakan raft dalam lawatan ke Blok Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Selasa (30/05/2023). (Foto: PT Vale Indonesia)
CEO PT Vale Indonesia, Febriany Eddy (kiri), mendampingi Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, berkeliling Danau Matano dengan menggunakan raft dalam lawatan ke Blok Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Selasa (30/05/2023). (Foto: PT Vale Indonesia)

Dalam kunjungannya ke Blok Sorowako, Moeldoko mengapresiasi komitmen PT Vale Indonesia dalam pengelolaan pertambangan nikel yang berkelanjutan, termasuk upaya menjaga lingkungan dan kondisi sosial kemasyarakatan. PT Vale dinilai berkomitmen pada praktik pertambangan yang baik dan tanggung jawab sosial, dengan penyerapan tenaga kerja lokal yang besar, termasuk dari kaum perempuan.

RAKYATKU.COM, SOROWAKO - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengapresiasi komitmen PT Vale Indonesia menerapkan prinsip keberlanjutan dalam pengelolaan pertambangan nikel selama puluhan tahun di Blok Sorowako.

Moeldoko menyampaikan itu dalam lawatannya ke Blok Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Selasa (30/05/2023).

 

Moeldoko melihat tata kelola pertambangan berkelanjutan yang dimulai dari pra-penambangan, proses penambangan, produksi, reklamasi, dan rehabilitasi lahan. Apresiasi Moeldoko disampaikan kepada CEO PT Vale, Febriany Eddy, jajaran direksi, manajemen, dan leaders lainnya.

Baca Juga : PT Vale dan Unhas Jalin Kerja Sama Strategis Bidang Riset dan Pendidikan

Pada kunjungan ini, Moeldoko didampingi Deputi II KSP, Abetnego Tarigan. Rombongan mengunjungi sejumlah tempat pengelolaan pertambangan PT Vale, mulai Taman Antar Bangsa, Bukit Solia, Process Plant, Control Room, Taman Keanekaragaman Hayati Sawerigading Wallace, Nursery, dan berkeliling melihat panorama Danau Matano.

"Saya sudah melihat sendiri bagaimana lokasi bekas tambang bisa pulih seperti semula. Termasuk keanekaragaman hayatinya. PT Vale benar-benar berkomitmen pada persoalan lingkungan sosial. Indikator sangat nyata," ujarnya.

Menurut Moeldoko, sepanjang pengelolaan pertambangan dilakukan dengan praktik pertambangan yang baik (good mining practices), maka lingkungan dan keberlanjutan perusahaan akan terus terjaga. "Sebab, tren ke depan adalah ekonomi hijau dan keberlanjutan," katanya.

Baca Juga : PT Vale Bangun Nursery di Pomalaa, Buktikan Komitmen Pertambangan Berkelanjutan

Moeldoko menyambut baik upaya PT Vale dalam menjaga kondisi sosial kemasyarakatan. Ia mencontohkan program tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) PT Vale yang dinilai berkontribusi pada target pencapaian daerah dan nasional. Terutama terkait dengan stunting dan kemiskinan ekstrem.

Sponsored by MGID

Selain itu, kata dia, penyerapan tenaga kerja lokal juga sangat besar. Termasuk, dari kaum perempuan. "Saya tadi ketemu sama operator kendaraan berat tambang perempuan orang lokal. Ini artinya bagus karena perempuan lokal diberikan kesempatan untuk berdaya,” tuturnya.

Setelah berkeliling melihat operasi pertambangan, Moeldoko berdiskusi terbuka di TAB membagikan topik tentang kepemimpinan di depan karyawan dan kontraktor PT Vale. Sejumlah peserta tak sungkan melakukan tanya jawab. Moeldoko memberikan sejumlah buku yang ditulisnya berjudul “M-Leadership Berani Memimpin”.

Baca Juga : PT Vale Indonesia IGP Morowali Tutup Sukses Vale Cup 2023

CEO PT Vale, Febriany Eddy, menyambut baik apresiasi yang diberikan Moeldoko. Tiap masukan, ungkap Febriany, amat penting untuk kemajuan perusahaan. Ia mengatakan, lawatan Moeldoko bentuk dukungan yang luar biasa.

“Saya kira ini adalah momen yang luar biasa. Semoga kesan baik yang tercipta bisa menambah semangat kami untuk terus menciptakan inovasi demi kemajuan negeri kita, Indonesia,” ucapnya.

 

#PT Vale Indonesia