Senin, 29 Mei 2023 10:33

Sarung Koper Jemaah Haji Sama, Bagaimana agar Tak Tertukar?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Kemenag)
(Foto: Kemenag)

Koper jemaah haji tahun ini memiliki penanda yang berbeda untuk menghindari tertukarnya koper. Penanda itu terdiri atas id card dengan barcode yang bisa di-scan melalui aplikasi Haji Pintar serta tali pita berwarna yang terikat pada setiap koper untuk memudahkan pemulangan dengan mengelompokkan koper sesuai warna tali pitanya.

RAKYATKU.COM - Jemaah haji mendapatkan koper bagasi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya untuk penyelenggaaan haji tahun ini.

"Tahun ini, bentuk koper jemaah berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, kopernya lebih bagus dan ada rodanya, hanya saja sarungnya (cover) sama berwarna merah putih," terang Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, dikutip laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Senin (29/5/2023).

Saiful mengatakan, setidaknya ada dua tanda pengenal koper jemaah agar tak tertukar. Pertama, di tiap koper jemaah ada id card atau pengenal berupa barcode yang bisa di-scan atau dipindai menggunakan aplikasi Haji Pintar.

Baca Juga : Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

"Di setiap koper besar bagasi dan kabin ada id card atau pengenal selain di diri kemaah berupa barcode. Jemaah bisa cek isi id card (barcode)-nya melalui aplikasi Haji Pintar, di situ akan muncul nama, kloter, dan pemondokan jemaah," jelas Mujab

Kedua, lanjut Mujab, di tiap koper ada tali pita terikat dengan warna berbeda setiap embarkasi. Menurutnya, koper dengan tali pita berwarna ini memudahkan ketika pemulangan dengan mengelompokkan koper sesuai warnanya.

“Insyaallah dari pihak Arab Saudi juga akan memberikan identitas ini sehingga kalau ada koper nyasar, maka tinggal membaca barcode-nya,” beber Mujab.

Baca Juga : Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Syawal 1445 H 9 April 2024

Ia menambahkan, bila koper tertukar, hilang, atau terpisah, jemaah harus harus melaporkan dan koordinasi dengan petugas sektor. Sejauh ini, kasus koper hilang, tertukar atau nyasar bisa diatasi,” imbuhnya.

#kementerian agama #Haji 2023