Minggu, 28 Mei 2023 09:30

Pemprov Sulsel Raih Juara 1 Zona KHAS Kuliner dari KNEKS

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemprov Sulsel Raih Juara 1 Zona KHAS Kuliner dari KNEKS

“Alhamdulillah, Pemprov Sulsel raih Juara 1 Kategori Zona KHAS (Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat) pada Penganugerahan Adinata Syariah Tahun 2023 diraih Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan,”

RAKYATKU.COM, JAKARTA — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) berhasil mendapat lima juara sekaligus dari 10 kategori dalam ajang penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2023.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin selaku Ketua Harian KNEKS di Kantor Pusat Bank Syariah Indonesia, Jakarta Selatan, Jumat, 26 Mei 2023.

Anugerah Adinata Syariah ini adalah apresiasi kepada pemerintah daerah yang berinisiatif mengembangkan potensi ekonomi syariah di daerahnya. Penghargaan diberikan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Baca Juga : Menang Pilpres, Andi Sudirman Sulaiman Ucapkan Selamat Kepada Prabowo-Gibran

Kategorinya meliputi ekosistem ekonomi syariah yaitu keuangan syariah, industri halal, keuangan sosial syariah, keuangan mikro syariah, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi pesantren, ekonomi hijau dan berkelanjutan, pengembangan ekonomi syariah di daerah, zona KHAS (kuliner halal, aman, dan sehat), inkubasi usaha syariah, serta pada kategori program inovasi sektor ekonomi syariah.

“Alhamdulillah, Pemprov Sulsel raih Juara 1 Kategori Zona KHAS (Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat) pada Penganugerahan Adinata Syariah Tahun 2023 diraih Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan,” kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Pemprov Sulsel sendiri telah menetapkan Zona KHAS di Kawasan Lego-Lego CPI, pengembangannya diharapkan dapat menjadi kawasan percontohan ekonomi syariah terpadu, serta mendorong pembentukan zona KHAS lainnya di Sulsel.

Baca Juga : Masyarakat Sambut Hangat Kunjungan Andi Sudirman di Takalar

Sementara penghargaan lainnya yang diterima Pemprov Sulsel antara lain, Juara 4 Kategori Program Inkubasi Usaha Syariah; Juara 4 Kategori Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi Pesantren; dan Juara 4 Kategori Kelembagaan Daerah Pengembangan Ekonomi Syariah; serta Juara 5 Kategori Keuangan Sosial Syariah.

Gubernur Andi Sudirman menyebut penghargaan ini hadir berkat kinerja pemerintah mewujudkan sektor-sektor ekonomi syariah sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru di tingkat provinsi.

“Semoga Pemprov dapat meningkatkan peran kepemimpinan dalam mengembangkan potensi ekonomi dan keuangan syariah melalui kebijakan yang relevan dan potensi sesuai kearifan lokal (local wisdom) pada daerah di Sulsel,” sebutnya.

Baca Juga : Andi Sudirman Sulaiman Training Relawan Prabowo-Gibran di Sulsel

Gubernur Sulsel juga menyampaikan Rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendorong tumbuhnya sektor ekonomi syariah.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa dengan adanya Anugerah Adinata Syariah 2023 ini, akan mengundang partisipasi lebih banyak pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ke depan.

“Implementasi program dan partisipasi berbagai elemen masyarakat hingga ke tingkat daerah harus terus menjadi prioritas, tidak hanya di tingkat pusat,” katanya dalam sambutannya.

Baca Juga : HUT Ke-354 Tahun Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Jawab Tantangan Era Baru Menuju Indonesia Maju

Menurutnya, peran dari pemimpin daerah utamanya di tingkat provinsi menjadi sangat krusial untuk mengarahkan kebijakan pembangunan ekonomi yang dapat menggali dan mengoptimalkan setiap sektor unggulan ekonomi syariah.

"Saya berharap agar penghargaan Anugerah Adinata Syariah ini tidak menjadi ajang apresiasi semata," katanya.

Wapres RI juga menyampaikan beberapa pesannya, pertama para kepala daerah diminta agar memberikan dukungan berkelanjutan pengembangan ekonomi syariah.

Baca Juga : Bahtiar Minta Dukungan Pemda dan Masyarakat Bone Jalankan Tugas Pj Gubernur

Termasuk bagaimana program syariah dapat masuk dalam kerangka perencanaan dan pembangunan penganggaran pembangunan daerah.

"Kedua, sinergi dan keselarasan berbagai program pusat dan daerah harus diperkuat lagi," lanjutnya.

Penghargaan ini dapat dijadikan sebagai referensi kinerja pemacu semangat maupun pertukaran inspirasi dan praktik-praktik baik di berbagai daerah.

Baca Juga : Bahtiar Minta Dukungan Pemda dan Masyarakat Bone Jalankan Tugas Pj Gubernur

Adapun 5 kategori penghargaan yang diraih Pemprov Sulsel masing-masing:

- Juara 1 Zona KHAS Kuliner (Zona Kuliner, Halal, Aman dan Sehat).
- Juara 4 Kategori Pendidikan dan Pendidikan Pemberdayaan Ekonomi Pesantren.
- Juara 4 Kategori Program Inkubasi Usaha Syariah.
- Juara 4 Kelembagaan Daerah yang difokuskan pada pemgembangan ekonomi syariah di tingkat Daerah/Provinsi.
- Juara 5 Keuangan Sosial Syariah.

#Pemrov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman