Sabtu, 27 Mei 2023 22:00

Poltekpar Makassar Gelar PKM di Desa Rumbia, Manfaatkan Tumbuhan Sekitar Untuk Diolah

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Poltekpar Makassar Gelar PKM di Desa Rumbia, Manfaatkan Tumbuhan Sekitar Untuk Diolah

30 peserta dari Masyarakat yang ada di Desa Kassi ini nantinya akan mendapatkan pelatihan dibidang Kuliner dengan memanfaatkan bahan lokal yang ada dan banyak tumbuh di Desa tersebut seperti Pisang Ambon, Tomat, Alpukat, Kopi dan lainnya

RAKYATKU.COM, JENEPONTO-- Politeknik Pariwisata Makassar melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan program tahunan. Melalui Program Studi Seni Kuliner (SKU) di tahun 2023 ini Kegiatan PKM dilaksanakan di Desa Kassi, Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto pada 26-27 Mei 2023.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Bapak Drs. Muhammad Arifin,M.Pd.,CHE mengungkapkan bahwa kegiatan PKM yang diikuti sebanyak 30 peserta dari Masyarakat yang ada di Desa Kassi ini nantinya akan mendapatkan pelatihan dibidang Kuliner dengan memanfaatkan bahan lokal yang ada dan banyak tumbuh di Desa tersebut seperti Pisang Ambon, Tomat, Alpukt, Kopi dan lainnya.

“Tahun ini Poltekpar Makassar memilih Desa Kassi, Kec. Rumbia, Kab. Jeneponto karena Agrowisata Desa Kassi ini masuk dalam 75 Besar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia” jelasnya.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Sosialisasikan Kode Etik dan Kode Perilaku ASN BerAkhlak

Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Prodi SKU tersebut juga di hadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Jeneponto, Ibu Elly Isriani Arief SH., M.Si. disela-sela Sambutannya beliau menjelaskan bahwa dirinya sangat senang karena ini hubungan Kerjasama antara Dispar Kabupaten Jeneponto dengan Poltekpar Makassar telah terjalin sejak 2021 lalu.

Elly sapaan akrabnya juga mengatakan bahwa Desa Kassi telah siap dalam menyambut Wisatawan yang akan berkunjung nantinya karena sudah banyak tersedia homestay.

“Saat ini di Desa Kassi sudah ada sekitar 52 Homestay yang tersedia, ini terbukti pada kegiatan Trail Run pada 2022 lalu yang dihadiri lebih Dari 500 peserta semua Homestay yang disediakan itu dipenuhi oleh peserta Run”Jelasnya.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Gelar Widyawisata di Tiga Hotel di Makassar

Kegiatan inj juga turut dihadiri oleh Kepala Desa Kassi Ibu Murniati,S.Farm, Ketua Prodi Seni Kuliner, Ibu Lily Dianafitry Hasan,S.Sos.,MM, Kepala Laboratorium Prodi SKU Bapak Muhammad Anas,SE.,MM. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari.

Pada hari pertama peserta menerima materi mengenai Potensi Kuliner Desa Wisata yang dibawakan oleh Bapak Muhammad Musawantoro, S.Pd.,M.Pd., Inovasi Produk oleh Bapak Faisal Akbar Zaenal,S.ST.Par,MM serta Hygiene dan sanitasi Makanan oleh Tenaga Pengajar Praktisi Industri Bapak Abdi Nurul Mahsyar.,A.Md.Par,S.Pd. Selanjutnya di hari kedua para peserta mendapatkan materi praktik secara langsung tentang pengolahan bahan pangan oleh Mahasiswa dan mahasiswi dari Prodi Seni Kuliner Politeknik Pariwisata Makassar.

Program pengabdian Kepada Masyarakat ini selain untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat Desa juga bertujuan sebagai salah satu ajang promosi Politeknik Pariwisata Makassar bagi masyarakat yang ada di sekitar Desa Kassi, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto.(**)

#Poltekpar Makassar #Rumbia # Jeneponto