Rabu, 03 Mei 2023 19:23

Stok Darah Menipis Bank Sulselbar Jeneponto Gelar Donor Kerjasama RS dan PMI

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Stok Darah Menipis Bank Sulselbar Jeneponto Gelar Donor Kerjasama RS dan PMI

"Kegiatan donor darah ini kita bekerjasama dengan RSUD Lanto Daeng Pasewang dan PMI. Bank Sulselbar membantu memfasilitasi dia untuk lebih memudahkan,"

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Bank Sulselbar Cabang Jeneponto, Sulawesi Selatan menyelenggarakan donor darah kedua, bertempat di halaman parkir Bank Sulselbar Jeneponto, Jalan Pahlawan nomor 5, Kelurahan Empong, Kecamatan Binamu, Rabu (3/5/2023).

Kegiatan Donor darah kali ini, dihadiri langsung oleh Pimpinan Kantor Bank Sulselbar Cabang Jeneponto, Hasanuddin Mallingkai, Pimpinan Seksi Operasional dan Umum Bank Sulselbar Syarifuddin Saparuddin, Kepala ruangan UTD transfusi darah RSUD Lanto Daeng Pasewang, Baharuddin, S.Kep dan jajarannya.

Pemimpin Seksi Operasional dan Umum Bank Sulselbar Cabang Jeneponto Syarifuddin Saparuddin mengatakan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Bank Sulselbar kali ini merupakan yang kedua kalinya.

Baca Juga : Alokasi KUR Bank Sulselbar Naik 530 Persen, Capai Rp1 Triliun untuk 2024

Sebelumnya kata dia bahwa donor darah Perdana dilaksanakan pada Januari 2023 kemarin. Yang mana tempo hari mendapat respon positif serta dukungan penuh dari semua kalangan. Masyarakat sangat antusia untuk menyumbangkan darahnya.

Melihat dari antusia masyarakat saat itu, sehingga Bank Sulselbar menjadikan donor darah ini sebagai kegiatan rutinitas yang akan dilaksanakan setiap per triwulan.

"Kegiatan donor darah ini kita bekerjasama dengan RSUD Lanto Daeng Pasewang dan PMI. Bank Sulselbar membantu memfasilitasi dia untuk lebih memudahkan," katanya.

Baca Juga : Siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga Belajar di Markas PMI Kota Makassar

Menurut Syarifuddin bahwa stok darah di RSUD Lanto Daeng Pasewang Jeneponto menipis sehingga Bank Sulselbar Cabang Jeneponto membantu pihak RS melalui kegiatan donor darah ini.

"Jadi donor darah ini masih dalam dirangkaian Hari Jadi ke-160 Kab. Jeneponto sendiri," terangnya.

Syarifuddin menambahkan, bahwa informasi dari pihak RSUD Lanto Daeng Pasewang dan PMI sangat terbantu dengan adanya aksi donor darah yang dilaksanakan oleh Bank Sulselbar Jeneponto.

Baca Juga : MCN Pesta Rakyat 416 Kembali Digelar. Kepala Dinas Pariwisata kota Makassar; Ini Kegiatan yang Konsisten dan Kontinyu Dilakukan

"Pihak RSUD Lanto Daeng Pasewang dan PMI bersyukur sekali atas adanya kerjasama ini," tambahnya.

"Kalau pendonor sendiri tidak ada batasan profesi maupun jabatan kita buka secara umum. Sepanjang memenuhi kriteria," sambung Syarifuddin.

Masih ditempat yang sama,

Baca Juga : Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan- Bank Sulselbar Gelar Pre-Launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Kepala ruangan UTD transfusi darah RSUD Lanto Daeng Pasewang, Baharuddin, S.Kep menyampaikan ucapan terimakasihnya yang tak terhingga kepada pihak Bank Sulselbar Cabang Jeneponto atas kerjasamanya.

Menurut dia bahwa aksi donor darah ini cukup membantu pihak RS dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya rasa ini sangat membantu sekali, apalagi di RSUD Lanto untuk sementara stok darah kosong," katanya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Usulkan Ada Dana Darurat BPD Sulselbar untuk Kebencanaan

Dia menjelaskan bahwa selama 2023 ini permintaan darah banyak sekali yang masuk sehingga tidak bisa terpenuhi.

"Target kita hari ini sebanyak 100 kantong. Adapun jenisnya yakni, darah O, darah A dan AB," sebutnya.

 

Penulis : Samsul Lallo
#bank sulselbar #pmi