Rabu, 26 April 2023 22:50

Peluru Depleted Uranium Sudah Ada di Ukraina, Rusia Kutuk Keputusan Inggris

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi (GAMBAR GETTY)
Ilustrasi (GAMBAR GETTY)

Pasokan amunisi depleted uranium Inggris menunjukkan "kekejaman" kebijakan Barat di Ukraina, kata Moskow

 

RAKYATKU.COMRusia mengutuk keputusan Inggris untuk mengirim peluru depleted uranium (DU) ke Ukraina, mengatakan langkah itu menandai "eskalasi habis-habisan" setelah Kementerian Pertahanan Inggris mengonfirmasi bahwa senjata radioaktif sudah berada di tangan Kiev.

Kedutaan Besar Moskow di Inggris mengeluarkan pernyataan pada hari Selasa setelah pejabat senior James Heappey mengakui bahwa amunisi DU Inggris telah tiba di medan perang, untuk ditembakkan dari tank Challenger 2 yang juga dipasok ke Ukraina.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

"Komentar James Heappey adalah bukti suram atas kekejaman kebijakan Anglo-Saxon dari eskalasi habis-habisan 'konflik proksi' yang mereka sendiri keluarkan di Ukraina," katanya.

“Dia dengan sinis menyatakan bahwa London tidak memantau penyebaran senjata-senjata ini dan tidak memiliki kewajiban untuk menghilangkan konsekuensi penggunaannya setelah konflik berakhir,” bunyi pernyataan itu.

Kedutaan melanjutkan dengan mengatakan bahwa pemerintah Inggris akan bertanggung jawab atas efek dari "amunisi beracun" dan tidak dapat menghindari pertanggungjawaban dengan menyerahkannya kepada pasukan Ukraina.

Baca Juga : Rusia: Pemimpin Kelompok Wagner Dipastikan Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Dalam sebuah wawancara dengan RT minggu lalu, utusan Rusia untuk Inggris, Duta Besar Andrey Kelin, memperingatkan bahwa amunisi DU akan menjadi “hal yang mengerikan… bagi pertanian dan rakyat” Ukraina, dengan mengatakan residu radioaktif dapat mencemari air dan tanah negara tersebut “ setidaknya selama enam generasi.”

Baik pejabat Inggris dan AS telah memperdebatkan dugaan bahaya kesehatan yang terkait dengan cangkang DU – yang menggunakan inti uranium padat untuk meningkatkan kemampuan penembus lapis baja mereka – dan menyangkal tuduhan bahwa senjata tersebut terkait dengan lonjakan kanker dan cacat lahir di Irak .

Heappey mengklaim bahwa depleted uranium hanya membawa risiko kesehatan dan lingkungan yang "rendah" , merujuk pada studi pemerintah tahun 2007. Dia menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan tidak akan melakukan upaya untuk melacak di mana pasukan Ukraina menggunakan putaran DU yang dipasok Inggris, dan “tidak berkewajiban” untuk membantu upaya pembersihan setelah konflik.

Baca Juga : Putin Angkat Bicara Terkait Kecelakaan Pesawat yang Diduga Tewaskan Bos Wagner

Namun, menurut Doug Weir, seorang ahli Observatorium Konflik dan Lingkungan, amunisi uranium menghasilkan "partikulat DU yang beracun secara kimia dan radioaktif" ketika mereka menyerang sasaran yang keras, menambahkan bahwa debu menimbulkan "risiko inhalasi bagi manusia." Penelitian terbaru lainnya juga menunjukkan bahwa senjata dapat menghasilkan "hasil kesehatan yang merugikan" mengingat sifat "kemotoksik dan radiotoksik" dari DU.

Moskow telah mendesak kekuatan asing untuk menghentikan semua pengiriman senjata ke Ukraina, dengan alasan bantuan itu tidak akan menghalangi tujuan militernya tetapi hanya akan memperpanjang konflik. Setelah Inggris mengumumkan keputusannya untuk memasok peluru uranium ke Kiev bulan lalu, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan negara-negara Barat ingin "melihat Ukraina benar-benar hancur" dan bertindak dengan "kecerobohan mutlak, tidak bertanggung jawab dan impunitas."

Sumber: RT / 26 April 2023

#Rusia #Ukraina #Inggris