Rabu, 12 April 2023 21:46

Pangdam Hasanuddin Resmikan Hasil Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pangdam Hasanuddin Resmikan Hasil Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni

"Inilah realita kehidupan yang memang harus kita mulai dari hal yang kecil. Setelah tertata baru kita bisa berbicara yang lebih besar lagi,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso meresmikan hasil program Perbaikan/Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Triwulan-1 TA 2023 sejajaran Kodam XIV/Hasanuddin di Jl. Sembilan, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar dan juga diikuti secara Video Conference (Vicon) oleh jajaran Kodim di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin. Selasa (11/04/2023)

Peresmian 34 RTLH yang kini menjadi rumah layak huni yang tersebar di wilayah Korem I41/Toddopuli Bone, Korem 142/Tatag Mamuju dan Korem 143/Haluoleo Kendari serta di wilayah Kodim 1408/Makassar yang juga merupakan bantuan dari satuan Balakdam XIV/Hasanuddin.

Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dicanangkan oleh Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurrahman, ini merupakan salah satu bagian dari program Babinsa Masuk Dapur sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dimana salah satunya adalah membantu masyarakat kurang mampu supaya dapat memiliki rumah yang layak huni.

Baca Juga : Pangdam XIV/Hsn Buka Puasa Bersama Dengan Anak Yatim

Pangdam pada kesempatan ini menyebut, buah karya dari program ini dipersembahkan kepada masyarakat dengan harapan masyarakat akan berbahagia dan merasakan peran serta kepedulian TNI AD dan pemerintah.

“Tentu seperti ini yang diharapkan oleh masyarakat. Meskipun tidak mewah tapi membuat mereka bahagia. Kita berbaur bersama masyarakat, berbuka puasa dan sholat bersama tanpa membeda-bedakan. Inilah realita kehidupan yang memang harus kita mulai dari hal yang kecil. Setelah tertata baru kita bisa berbicara yang lebih besar lagi," ujarnya.

Mayjen Totok membeberkan bahwa usai 34 rumah yang diresmikan ini, akan dilaksanakan kembali program yang sama dalam kurun waktu dua bulan ke depan.

Baca Juga : Jumat Berkah, Persit KCK Cabang VIII Itdam XIV/Hsn Bagikan Paket Sembako

“Setelah ini, dalam kurun waktu dua bulan ke depan kita laksanakan hal serupa lagi. Setidaknya setiap dua bulan akan kita lakukan rehab pelan-pelan lagi, dengan dana swadaya untuk membantu masyarakat. Saya ingin meski tidak mewah tapi mereka harus bahagia, bahagia menikmati hidup dan menjalani puasa. Termasuk bahagia bersama saat lebaran," tambahnya.

Ungkapan terima kasih disampaikan dari para penerima bantuan, seperti yang disampaikan oleh Diman yang berada di wilayah Kodim 1418/Mamuju. Air mata haru dan bahagia diperlihatkan ketika ungkapan terima kasih diucapkan melalui vicon dari Mamuju.

“Terima kasih kepada bapak Panglima atas bantuannya, sehingga rumah saya bisa saya tempati. Selama ini atap rumah bocor sehingga kehujanan di dalam rumah. Tapi sekarang sudah punya rumah yang baru," ungkapnya.

Baca Juga : Tahun Baru Islam 1445 H, Jajaran Pangdam Hasanuddin Serentak Doa Bersama

Lurah yakni Lurah Bontoala Suhardi mengapresiasi dan berterima kasih atas yang dilakukan Pangdam Hasanuddin beserta jajarannya.

“Kami sangat berterima kasih, karena warga telah mendapatkan bantuan rehab rumah dari Pangdam dan jajarannya. Sebenarnya warga ini sudah terdata oleh kami, namun anggaran yang belum ada. Tapi Alhamdulillah dengan bantuan TNI, mereka bisa dibantu. Tak hanya membuat mereka bahagia dengan perbaikan rumahnya, warga juga tentu bahagia bisa bertemu langsung dengan panglima dan juga lorong yang diubah seperti suasana mall," ungkapnya.

Selain meresmikan dan menyerahkan kunci rumah serta bantuan televisi, orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini juga menyerahkan bantuan kepada anak asuh stunting dan masyarakat yang tidak mampu.

#Pangdam Hasanuddin