Kamis, 30 Maret 2023 16:35

Bupati Jeneponto Beberkan Capaian Pemda

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Jeneponto Beberkan Capaian Pemda

Kenaikan PDRB perkapita menempatkan jeneponto berada pada urutan 22 dari 24 Kabupaten Kota di atas kabupaten Maros dan kabupaten Toraja

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Musrembang RKPD 2024, Bupati Iksan Iskandar beberkan sejumlah capaian kinerja pemerintahannya di ruang pola panrannuangta pada Kamis (30/03/2023)

Berkat tangan dingin Bupati Iksan Iskandar. Kabupaten jeneponto melesat menjadi salah satu daerah dengan progres pembangunan tercepat di sulawesi selatan.

bersama wakil bupati H. Paris Yasir. Sejumlah persoalan krusial dan kompleks daerah berjuluk Butta Turatea berhasil diurai.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

Sejak terpilih untuk kedua kalinya dan mendapat kendali atas APBD tahun 2019 silam. Kepemimpinan Iksan-Paris menunjukkan catatan raport yang cukup membanggakan.

Diantara capaian pembangunan seperti infrastruktur yang bersinergi, reformasi birokrasi berhasil, lalulintas investasi yang kondusif, indeks pembangunan manusia yang semakin meningkat, penanganan kemiskinan yang relatif terkendali, tingkat pengangguran menurun serta tata kota yang aestetik.

Diatas kertas, pada periode 2018-2022 Indeks pembangunan manusia (IPM) Jeneponto naik 1,8 poin. kenaikan ini sangat signifikan dibandingkan dengan kenaikan IPM kabupaten/kota di sulawesi selatan lainnya.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Kenaikan IPM ini selanjutnya menempatkan Jeneponto berada pada urutan papan menengah yaitu posisi 13 diantara 24 kabupaten kota lainnya.

Selain itu kinerja penurunan kemiskinan tidak kalah membanggakan dimana Kabupaten Jeneponto dalam kurung waktu 2018-2023 turun sebesar 1,75%.

Pada tahun 2018 persentase penurunan angka kemiskinan sebesar 15,8% turun menjadi 13,73% pada Tahun 2022. dengan capaian ini menempatkan Kabupaten Jeneponto sebagai daerah dengan progres kinerja penurunan angka kemiskinan terbaik di Sulawesi Selatan dan melewati 24 kabupaten kota lainnya serta melampaui progresivitas penurunan kemiskinan Provinsi Sulawesi Selatan yang hanya 0,43% dan nasional 0,28%.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Mengenai kinerja stabilitas pertumbuhan ekonomi juga memuaskan, dimana dalam rentang tahun 2018-2022 naik sebesar 4,23% pertahun dan pencapaian tertinggi dalam rentang waktu tersebut adalah 6,29% sehingga pada tahun 2018-2022 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jeneponto menempati urutan 17 dari 24 kabupaten/kota se-sulawesi selatan.

Catatan lainnya yang tidak kalah membanggakan yakni PDRB perkapita yang naik 2,7 juta. Kenaikan PDRB perkapita menempatkan jeneponto berada pada urutan 22 dari 24 Kabupaten Kota di atas kabupaten Maros dan kabupaten Toraja.

Tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Jeneponto juga turun Sebesar 0,60% dimana pada tahun 2018 sebesar 2,81% turun menjadi 21% pada Tahun 2022 dengan ini menunjukkan bahwa kinerja penurutan DPT Kabupaten Jeneponto berada pada urutan 16 dari 24 kabupaten kota lainnya di Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Melantik Pejabat Struktural

Tabulasi data capaian progres pembangunan kabupaten jeneponto tersebut dibeberkan oleh Bupati Iksan Iskandar pada acara pembukaan Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024.

Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 mencatatkan 1.026 jumlah usulan pokok pikiran yang terimput melalui SIPD.

Turut hadir kepala dinas koperasi Provinsi Sulawesi Selatan DR. Ashari fakhsiri radjamilo, Ketua DPRD H. Arifuddin Kapolres AKBP Andi Erma Saryono, Dandim 1425 Agus Tanra, Kejari Susanto Gani, Sekda Muh. Arifin Nur, beberapa anggota DPRD Jeneponto, Kepala Bappeda Alfian Afandy Syam, sejumlah kepala OPD, Pimpinan Bank, BPS Jeneponto camat dan perwakilan Ormas, OKP serta NGO.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #iksan iskandar