Rabu, 29 Maret 2023 10:10

Digelar di Tahun Politik, Apeksi Undang Calon Presiden Hadir di Rakernas 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya.
Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya.

Apeksi akan mengundang calon presiden untuk hadir dan mendengarkan visi misi mereka pada Rakernas Apeksi 2023 di Kota Makassar 12 hingga 14 Juli 2023.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya, menyebut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi 2023 akan membahas isu-isu strategis terkait pemerintah kota.

Rakernas yang akan diselenggarakan pada 12 hingga 14 Juli 2023 di Kota Makassar, menurut Bima, akan menjadi Rakernas yang berbeda dari sebelumnya.

Rakernas kali ini menjadi yang terakhir di bawah kepemimpinan pengurus Apeksi saat ini, yang semakin menambah signifikansi acara tersebut. Ditambah lagi, hampir seluruh wali kota akan memasuki masa akhir jabatan mereka.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

"Dan ini juga diselenggarakan di masa tahun politik. Jadi, kami sampaikan bahwa Rakernas ini akan strategis karena kami akan melakukan pembahasan isu strategis yang akan kami minta untuk diartikulasikan oleh calon pemimpin kita nanti," ujar Bima Arya saat peluncuran Indonesia City Expo atau ICE di Hotel Claro, Makassar, Selasa (28/3/2023).

Menurut Bima, Apeksi akan mengundang calon presiden untuk hadir dan mendengarkan visi misi mereka. "Sekaligus kita titipkan beberapa isu krusial, seperti evaluasi otonomi daerah, evaluasi reformasi birokrasi, meritokrasi dan renumerasi, dan isu-isu lainnya," tambahnya.

Rakernas Apeksi 2023 yang mengusung tema Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat juga akan menghadirkan pameran ICE dan pawai budaya. Acara tersebut direncanakan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

"Pak Jokowi akan berjalan menyusuri expo seperti beliau menyusuri penjuru nusantara dan akan ada acara tradisi, yaitu pawai budaya Apeksi yang jadi daya tarik utama nanti," jelasnya.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), yang bertindak selaku tuan rumah Rakernas Apeksi 2023 mengungkapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan memanfaatkan kesempatan baik ini untuk memperkenalkan Makassar.

"Sekaligus mengambil momen sejarah. Saya mengusulkan ada deklarasi agar aspirasi daerah lewat kota-kota sebab kota sangat strategis dan banyak akumulasi persoalan di daerah itu larinya ke kota," sebut Danny Pomanto.

Baca Juga : Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar

"Seperti pengangguran, urbanisasi, kepadatan, itu jadi bagian persoalan di kota sehingga saya kira momen ini sangat baik sekali untuk semua. Semoga acara ini menjadi acara terbaik yang dimiliki APEKSI," imbuhnya.

#Rakernas Apeksi 2023 #bima arya #Mohammad Ramdhan Pomanto #Joko Widodo #Indonesia City Expo