Selasa, 28 Maret 2023 16:14

Launching Indonesia City Expo ke-19 di Makassar

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Launching  Indonesia City Expo ke-19 di Makassar

Ada yang berbeda dari launching kali ini yakni dengan ditandatanganinya MOU kerjasama KINARYA dengan KAKTUS yakni lembaga pengelolaan sampah berbasis digital, yang akan mengusung program Zero Sampah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - KINARYA bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Pemerintah Kota Makassar menyelenggarakan Launching Indonesia City Expo (ICE) ke-19 pada 28 Maret 2023 yang berlangsung di Hotel Claro Makassar.

Acara ini dihadiri pula oleh Bima Arya selaku Ketua Dewan Pengurus Apeksi/Walikota Bogor dan Walikota Makassar Danny Pomanto selaku tuan rumah pelaksanaan Indonesia City Expo ke-19 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi XVI Tahun 2023.

Kegiatan ini diikuti seluruh Asisten Pemerintahan dan OPD terkait dari Pemerintah Kota anggota Apeksi. Adapun tema kegiatan yakni : Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan Rakernas BEM PTMAI, Wali Kota Makassar: Mahasiswa Pemegang Kunci Indonesia Emas

Launching Indonesia City Expo (ICE) ke-19 di kota Makassar kali ini sebagai pembuka dari rangkaian kegiatan Rakernas yang akan berlangsung pada 9-14 Juli 2023 nanti. Secara aklamasi Kota Makassar terpilih sebagai tuan rumah pada rakernas tahun sebelumnya dan telah siap untuk menyambut seluruh para wali kota yang akan hadir pada gelaran acara nanti.

Ada yang berbeda dari launching kali ini yakni dengan ditandatanganinya MOU kerjasama KINARYA dengan KAKTUS yakni lembaga pengelolaan sampah berbasis digital, yang akan mengusung program Zero Sampah. Zero Sampah merupakan program pengelolaan sampah di area pameran melalui aplikasi sehingga sampah yang terkumpul tidak sampai ke TPA tetapi sudah terdistribusi dan ditangani oleh KAKTUS yang bekerjasama dengan komunitas serta masyarakat.

Pada gelaran Indonesia city Expo (ICE) ke-19 kali ini ada hal menarik dan luar biasa lagi yakni direncanakan Pemerintah Kota Makassar akan membuat Kapal Phinisi sepanjang 30 meter dan Rumah Adat Toraja di area pameran sebagai edukasi dan kebanggan tersendiri. Sedangkan area pameran menempati lahan seluas 7.700 meter persegi yang disediakan oleh Wali Kota Makassar.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Lantik dan Ambil Sumpah 624 ASN PPPK

Nanti akan dibangun tenda roder untuk menampung 139 stand pameran, 10 foodtruck, 20 stand kuliner dan 20 stand UMKM di samping itu akan disiapkan juga Panggung Utama, tenda penonton, Mushola, Toilet dan fasilitas lainya. Diharapkan pameran ini mampu menyedot pengunjung selama pameran mencapai 25 ribu orang.

Adapun lokasi dan rangkaian pelaksanaan seluruh kegiatan akan dipusatkan di kawasan CPI (Center Point Indonesia) di Pantai Losari. Adapun rangkaian kegiatan tersebut yakni Gala Dinner dan Rakernas akan dilaksanakan di Upperhills, Indonesia City Expo, Pentas seni budaya Nusantara dan Karnaval budaya nusantara di CPI.

#pemkot makassar #danny pomanto