Jumat, 24 Maret 2023 09:09

Rektor UIN Makassar Bersama Pangdam Hasanuddin Tanamkan Energi Positif Dalam Diri Prajurit

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rektor UIN Makassar Bersama Pangdam Hasanuddin Tanamkan Energi Positif Dalam Diri Prajurit

“Baru saya jabat tangan dengan pak Jenderal tadi saya sudah yakin bahwa energi beliau lebih tinggi daripada saya, bukan karena beliau tentara saya sipil tapi cara menyapanya, penuh apresiasi penuh penerimaan, persis ketika saya bercerita di hadapan tokoh penting,"

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Bulan ini adalah bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan Allah SWT dan menjadikan untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Salah satu amalan sunah yang dilakukan khusus pada bulan suci Ramadhan adalah sholat tarawih.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso bersama sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan prajurit Kodam XIV/Hasanuddin menggelar sholat Isya dan tarawih berjamaah di Baruga Hasanuddin Rumah Jabatan Pangdam, Kota Makassar pada Kamis (23/03/2023).

Menurut Mayjen Totok kegiatan ini merupakan kesempatan yang pas untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antara prajurit Kodam XIV/Hasanuddin dengan masyarakat.

Baca Juga : Babinsa Kodim Polman Isi Kegiatan Ramadhan Dengan Mengajar Anak-anak Mengaji

"Kegiatan Sholat Isya dan Tarawih berjamaah ini merupakan sarana untuk menanamkan energi positif dalam diri Prajurit sehingga dapat menguatkan soliditas dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, serta sebagai bekal bagi prajurit dengan mengutamakan iman dan taqwa dalam melaksanakan tugas pokok," ungkapnya.

Dalam ceramah yang dibawakan oleh Prof H. Hamdan Juhannis, merupakan rektor UIN Alauddin Makassar, menyampaikan bahwa saat dihubungi untuk memberikan ceramah ia menyampaikan syarat bahwa Pangdam XIV/Hasanuddin juga harus hadir karena ia telah lama ingin melaksanakan silaturahmi dengan Jenderal bintang dua tersebut.

“Baru saya jabat tangan dengan pak Jenderal tadi saya sudah yakin bahwa energi beliau lebih tinggi daripada saya, bukan karena beliau tentara saya sipil tapi cara menyapanya, penuh apresiasi penuh penerimaan, persis ketika saya bercerita di hadapan tokoh penting," katanya.

Baca Juga : Anggota Kodim Polman Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Saluran Drainase Dipenuhi Sampah

Lebih lanjut dalam ceramahnya Prof Hamdan menyampaikan beberapa hal yang menjadi pembelajaran dalam memberikan energi-energi positif dalam kehidupan sehari-hari.

"Hukum energi itu hukumnya seperti ini:

- Pertama, orang yang energinya lebih rendah dibanding yang lain ia cenderung iri, cenderung menyalahkan, cenderung menolak kepada yang lain,

Baca Juga : Kodim Wajo Gelar Karya Bakti Sosial Peduli Lingkungan

- Hukum energi berikutnya/kedua, ia yang memiliki energi yang setara, ia cenderung mencintai, menyukai, membenarkan atau mengagumi,

- Dan hukum energi yang ketiga, orang yang lebih tinggi energinya dibanding yang lain ia cenderung mendukung dan memahami," sebutnya.

Dengan demikian ia mengajak kepada seluruh jamaah untuk menyimpan stok energi. Karena menurutnya hal tersebut sangat bermanfaat guna membangun silaturahim yang luar biasa dan untuk menjaga keharmonisan dari seluruh elemen serta dapat membuat sehat dan panjang umur.

#Kodam Hasanuddin