Senin, 20 Maret 2023 21:21

Pemkab Barru dan Kotabaru Kerja Sama Ekonomi Transportasi Laut

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama perekonomian dengan memanfaatkan transportasi laut antardaerah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (20/3/2023).
Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama perekonomian dengan memanfaatkan transportasi laut antardaerah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (20/3/2023).

Pemkab Barru dan Pemkab Kotabaru menjalin kerja sama melalui transportasi laut. Kerja sama ini melibatkan beberapa kepala daerah yang akan memfasilitasi proses perizinan operasional pelabuhan dan penyeberangan serta menyediakan fasilitas pokok dan penunjang di pelabuhan dan penyeberangan tersebut.

RAKYATKU.COM, BARRU - Kerja sama perekonomian dengan memanfaatkan transportasi laut antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, Sulawesi Selatan, dengan Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, akhirnya disahkan.

Kabid Humas Pemkab Barru, Hidayatuddin, mengatakan Bupati Barru, Suardi Saleh, terbang ke Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk menandatangani nota kesepahaman tersebut, Senin (20/3/2023).

Nantinya, kata Hidayatuddin, untuk mendukung kelancaran kerja sama itu, di samping membentuk sekretariat kerja sama, para pihak menyediakan data dan informasi kebutuhan, produksi, dan fluktuasi harga pasar komoditas pangan dan nonpangan.

Baca Juga : Upacara Hari Kesadaran Nasional di Barru, Ketua DPRD Minta Lupakan Konflik Pemilu

Selain itu, akan difasilitasi proses perizinan operasional pelabuhan dan penyeberangan. Termasuk, lanjut dia, memfasilitasi penyediaan fasilitas pokok dan penunjang di pelabuhan dan penyeberangan tersebut.

"Perjanjian kerja sama ini berlaku untuk tiga tahun pertama dan dapat diperpanjang dan diakhiri berdasarkan kesepakatan para pihak," kata Hidayatuddin.

Selain Suardi, juga ada kepala daerah lain yang menandatangani nota kesepahaman. Mereka adalah Bupati Mamuju (Sulawesi Barat), Sitti Sutinah Suhardi, Wali Kota Bontang (Kalimantan Timur), Basri Rase, Bupati Pasangkayu (Sulawesi Barat), Yaumil Ambo Djiwa, dan Wali Kota Balikpapan (Kalimantan Timur), Rahmad Mas'ud.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh